Share This Post

News

Asyiknya Pelatihan Keprotokolan Di Gerakan Pramuka

Asyiknya Pelatihan Keprotokolan Di Gerakan Pramuka

JAKARTA, PRAMUKAPOS.COM, Pelatihan keprotokolan telah selesai dilaksanakan dari 25-28 April 2017. Ada kesan menarik dari para peserta, pada saat diwawancarai setelah selesai acara pengukuhan dan penyerahan sertifikat oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault di Ruang Rapat A Gedung Kwarnas Kamis (4/5/2017).

“Pertama senang, dapat Berkenalan dengan teman-teman baru dan bisa menjalin silaturahmi dengan anggota Pramuka dari berbagai daerah. Kedua, menjadi kabanggaan tersendiri bagi saya, belum tentu setiap orang bisa mempunyai kesempatan seperti ini, karena ikut acara ini juga melalui tahap seleksi.” Ungkap Adly, salah satu peserta pelatihan.

Selain bisa berkenalan dan bersilaturrahmi dengan anggota Pramuka dari berbagai daerah, mereka juga mendapatkan ilmu baru dan pengetahuan baru, seperti diungkapkan Ermina.

“Pelajaran yang didapat cukup banyak, ada fundamental Gerakan Pramuka, dimana kita dapat lebih mendalami lagi tentang Pramuka itu seperti apa yang sebenarnya. Ada juga pelatihan ke–Protokolan yang diisi langsung oleh tim Protokoler dari Sekretaris Negara (Setneg). Selain itu ada juga pelajaran tentang among tamu dan table mannar, yang diajarkan langsung oleh ahlinya.” terang Ermina.

Berbeda dengan Aldy dan Ermina, salah satu peserta lainnya bernama Rendy ternyata lebih menyukai konsep materi yang diberikan. Menurutnya selain menarik, pelatihan ini juga dibawakan dengan ringan dan santai, sehingga walaupun materinya cukup berat, tetapi mudah dimengerti dan tidak membosankan.

“Kegiatan Pelatihan Protokoler ini sangat luar biasa, dimana selain materinya bagus, pengemasan dan penyampaian materinya juga menarik. Dari kakak-kakak pemateri, mereka menyampaikannya dengan ringan dan santai. Disamping itu, materinya juga sangat langka karena pelatihan ini langsung diisi oleh Protokoler dari setneg.” jelas Rendy.

“Dan yang paling mengesankan menurut saya, saat pelatihan menyanyi dan jadi dirigen, karena belum pernah belajar seperti ini, jadi kita tahu pelatihan keprotokolan secara luas, karena materi-materi seperti ini belum saya dapatkan di ambalan atau gugus depan. Alhamdulillah, saya dapatkan dalam pelatihan ini.” pungkasnya. (HA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar