Share This Post

Pramuka Peduli

Atasi Banjir Jakarta, Pramuka Koordinasi dengan BNPB dan Kemensos

Atasi Banjir Jakarta, Pramuka Koordinasi dengan BNPB dan Kemensos

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui Satgas Pramuka Peduli terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menangani banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta. Koordinasi dilakukan di antaranya dengan BNPB, Kementerian Sosial, TNI, Polri, juga Seknas dan SPAB.

Hal itu disampaikan Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengadilan Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Ranggawisnu. Ia mengatakan, koordinasi dilakukan karena Pramuka selalu terlibat dalam penanganan bencana.

“Kordinasi terus dilakukan karena kan dalam setiap kebencanaan Pramuka selalu terlibat di dalamnya, baik diminta atau tidak diminta,” ujar Kak Rangga saat dihubungi, Rabu (7/2/2018).

Dia menjelaskan, kordinasi itu menyangkut beberapa hal. Di antaranya mencari tahu update terkini berkaitan dengan perkiraan cuaca dan potensi alam lainnya sebagai bentuk antisipasi, kesiap siagaan Pramuka di lapangan, model penanganan yang dilakukan, serta alat yang digunakan. Atau sebaliknya, Pramuka juga bisa berbagi informasi tentang situasi di lapangan.

“Koordinasi ini bisa membantu, dan memudahkan kita dalam bekerja. Kalau kekurangan alat pengaman, kita juga bisa minta bantuan kepada BNPB. Termasuk dalam mendistribusikan bantuan kepada korban, Pramuka selalu siap diperbantukan,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diterima, dalam satu minggu ke depan curah hujan di sekitar Jabodetabek diperkirakan masih tinggi. Banjir berpotensi menggenangi bantaran sungai di wilayah di Jakarta seperti daerah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu dan daerah-daerah lain.

“Data dari BNPB kemarin sudah ada 3.000 jiwa yang mengungsi. Dan di beberapa titik kita sudah terlibat di sana. Karena Ka Kwarda DKI Jakarta Kak Sylviana Murni juga memberikan intruksi agar semua Pramuka di wilayah Jakarta untuk terlibat membantu atasi banjir ini,” tegasnya. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar