Share This Post

Pramuka Peduli

Bantu Pengungsi Palestina, Relawan Pramuka Dua Minggu di Perbatasan Yordania

Bantu Pengungsi Palestina, Relawan Pramuka Dua Minggu di Perbatasan Yordania

YORDANIA – Kak Eko Sulistio, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) kembali bertolak ke perbatasan Yordania, Selasa (31/7/2018). Relawan Pramuka ini akan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina.

“Misinya ke kamp-kamp pengungsian Palestina dan Suriah masih sama, mendistribusikan bantuan. Menurut hasil asesmen kita, mitra kita, mitra Pramuka di sana, ya logistik dan tenda-tenda. Bantuannya dari lembaga kemanusiaan Rumah Zakat Indonesia,” ungkap Kak Eko Sulistio, Selasa (31/7/2018).

Sampai berita ini ditulis, relawan Pramuka ini melaporkan bahwa dirinya sudah tiba di Amman, Yordania. Pihaknya akan berkoodinasi dengan KBRI, mencoba untuk masuk ke Palestina melalui Yerusalem.

“Surat-surat sudah kita buat dan nanti masuk Yerusalemnya ada kemungkinan juga bersamaan dengan pihak KBRI Amman Yordania. Kebetulan pihak KBRI Amman juga akan melakukan aksi kemanusiaan di Palestina melalui Yerusalem. Ada kemungkinan bareng KBRI, kalau bisa masuk melalui Yerusalem,” terangnya.

“Kehidupan masyarakat Palestina, semenjak tekanan-tekanan membuat sulit kehidupan mereka. Apalagi mereka yang sudah di perbatasan Yordania. Mau tidak mau, hidupnya hanya mengandalkan dari donor atau sumbangan dari masyarakat dunia, dalam hal ini Indonesia,” tambah Kak Eko.

Hal itu diperparah dengan adanya kebijakan Donal Trump yang membatasi bantuan dari Amerika Serikat untuk pengungsi Palestina. Sebesar 60 persen bantuan yang biasa disalurkan melalui UNRAW dan UNHCR itu dipotong.

Relawan Pramuka ini mengaku berada di perbatasan Yordania kurang lebih selama dua minggu, lalu kembali ke Indonesia. “Selanjutnya ke sana lagi, nanti ada program Global Qurban,” pungkasnya. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar