Share This Post

Rebranding Pramuka

Cetak Generasi Unggul, Kwarran Bawang Kab Batang Adakan LT II ‎

Cetak Generasi Unggul, Kwarran Bawang Kab Batang Adakan LT II ‎

BAWANG – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Bawang Kabupaten Batang mengadakan ‎Perkemahan Lomba Tingkat II (LT II) di Lapangan Desa Candirejo 18-19 Februari 2017. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Ketua Kwarran Bawang Kak ‎Anang Junianta.

Dalam sambutannya, Kak Anang merasa bangga, meski sedang musim hujan, berada di lereng Gunung Prahu dengan suhu 18 derajat celcius, anggota Pramuka Penggalang dari berbagai gugus depan ini tampak semangat untuk mengikuti kegiatan LT II ‎tanpa ada wajah yang murung.

Hal ini menandakan, bahwa Pramuka adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang menanamkan pendidikan karakter bagi kaum muda yang tahan banting, mandiri, berani, jujur, disiplin  dan pantang menyerah sesuai dengan tema LT II yakni “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan Karakter Kaum Muda.”

“Jadi saya selaku Pimpinan Kwarran sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Semoga dari kegiatan ini diantara kalian  20 tahun yang akan datang ‎ada yang jadi bupati, jadi gubernur, menteri atau jadi pemimpin bangsa,” ujar Kak Kak Anang disambut dengan meriah oleh semua tamu undangan dan peserta.

Menurutnya, Kwarran Bawang termasuk salah satu Kwarran di Kabupaten Batang yang paling aktif melakukan kegiatan kepramukaan. Ia menyadari kegiatan Pramuka di Kecamatan Bawang sangat penting bagi masyarakat. Sebab, membangun Pramuka sama halnya dengan membangun Bawang menjadi daerah yang aman dan damai.

“Kehadiran Pramuka sangat bermanfaat di masyarakat khususnya di Bawang. ‎Anak –anak yang aktif dalam pramuka, saya yakin dapat terhindar dari pengaruh negatif yang dapat merusak potensi dan kualitas dirinya, terutama berkaitan dengan kenakalan remaja, seperti tawuran, seks bebas narkoba dan lain-lain,” terangnya.

Sekretaris Binamuda Kwarran Bawang Kak M. Rachmad mengatakan,  LT II ini merupakan salah satu implementasi dari program pembinaan karakter yang sudah sewajarnya mulai ditanamkan kepada para pemuda sejak usia sekolah. Sehingga kedepan mental dan karakter mereka semakin kuat untuk menghadapi tantangan jaman.

“Banyak hal pengalaman dan pengetahuan yang akan didapatkan dari peserta dalam kegiatan LT II. Karena itu, kita harap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, karena semua materi yang diberikan bisa dijadikan modal untuk pembentukan karakter mereka,” ujarnya.

“Dan kita patut berbangga, karena satu dari anggota Pramuka Bawang ada yang pernah mengikuti Jambore Asean di Malaysia. Kedepan kita yakin bisa mengirimkan lagi anggota terbaik untuk mengikuti kegiatan serupa,” sambung  Kak Rachmad yang juga menjadi Kepala Sekolah SDN Bintoro Mulyo.

Sementara itu, ‎Tarikhin dan Iqbaluddin Kholik mewakili Dewan Kerja Ranting Bawang menambahkan, di hari pertama (Sabtu), ada beberapa kegiatan, seperti PBB, Pionering, Baksos, pentas seni, api unggun, ceramah keagamaan, dan juga sesi pertanyaan secara tertulis.

“Kita berusaha semaksimal mungkin untuk mengemas acara ini agar adik-adik Pramuka tetap ceria, dan semangat dengan kreatifitas masing-masing,” ujar Kak Tarikhin‎.

Untuk hari kedua, kegiatan LT II sudah dimulai dari pukul 05.00 dengan shalat subuh berjamaah, kemudian senam pagi, apel pagi, kemudian dilanjutkan dengan Peta-pita, Sandi-sandi, Peta panorama&menaksir, PPGD, Yel-yel, Halang rintang, Finis/penyerahan peta. Terakhir persiapan upaca penutupan pukul 14-15.00 WIB.

‎”Jadi total peserta yang ikut ada 100 dari10 regu yang terdiri dari 5 pangkalan 3 SMP 2 MTS. Sedangkan panitia ada 20 orang, dan untuk Pembina dan Pendamping ada 5 putra dan 5 putri,” tutup Kak Iqbaluddin. (HA/Humas Kwarnas)

Tinggalkan Komentar