Share This Post

Good Governance

Dipimpin Kak Anies Baswedan, Pramuka Ikut Upacara Bela Negara

Dipimpin Kak Anies Baswedan, Pramuka Ikut Upacara Bela Negara

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Kak Anies Baswedan memimpin apel peringatan Hari Bela Negara di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (19/12). Anies menjadi inspektur upacara yang digelar setiap tanggal 19 Desember itu.

Selain Anies, tampak hadir pula pejabat dari Irjen Kemenhan Letjen Agus Sutomo, Wakil Gubernur DKI KSandiaga Uno, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI, serta ratusan Pramuka dari Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN).

Selain tampak juga hadir Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum (Orgakum) Kak Kodrat Pramudho, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Renbangma, Kak Marbawi, dan Andalan Nasional Kwarnas Bidang Orgakum Kak Rio Sidahuruk.

Kak Rio Sidahuruk mengatakan, dalam memperingati Hari Bela Negara, Pramuka bukan hanya sekadar ikut upacara. Lebih dari itu, Pramuka mewujudkannya dalam bentuk kegiatan positif.

“Kehadiran Pramuka di sini sebagai bentuk komitmen kami untuk terus merawat NKRI, sekaligus mempererat semangat kebersamaan dan persaudaraan antarsesama bangsa,” ujar Kak Rio di lokasi, Selasa.

Menurutnya, Pramuka sejak awal konsisten menjadi organisasi pendidikan yang memiliki fungsi pembentukan karakter. Pendidikan itu diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang menarik, inspiratif, dan selalu memiliki semangat kebangsaan, persaudaraan, dan gotong royong.

“Ini tentu semangatnya sama dengan bela negara. Pramuka pasti bela negara. Karakter pendidikannya sangat kuat, Pramuka selalu hadir menjadi mesin pencetak generasi muda penerus bangsa,” ungkapnya.

Kak Rio memberi contoh, Pramuka selalu terlibat dalam gerakan sosial seperti membantu penanganan bencana di masyarakat, membersihkan lingkungan, terlibat dalam karya bakti Lebaran. Di samping itu, Pramuka juga dituntut untuk bisa bersikap bijak di media sosial.

“Aksi Pramuka Peduli selalu terjun dalam aksi-aksi kemanusian baik musibah alam, gempa bumi, gunung meletus sampai masalah kemanusian seperti di Rohingya. Ini juga merupakan wujud bela negara,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, setiap kegiatan perkemahan yang diadakan Pramuka selalu diisi pentas seni dengan menampilkan tarian tradisional dari seluruh Indonesia, karnaval budaya, dan festival masakan nusantara. Semua itu merupakan wujud kecintaan Pramuka dalam menjaga budaya Indonesia. (HA/AK)

Desain: Tim Siber Pramuka

Tinggalkan Komentar