Share This Post

Tak Berkategori

Focus Group Discussion (FGD): Pramuka Dalam Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

Focus Group Discussion (FGD): Pramuka Dalam Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

Depok –  Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat begitu cepat, berbagai kemajuan IPTEK saat tidak bisa dihindari. Kalau kita tidak mengikutinya tentu kita termasuk orang yang dianggap ketinggalan zaman atau bisa dianggap gaptek alias “gagap teknologi”

Saat ini salah satu kemajuan IPTEK yang begitu cepat yaitu kemajuan Teknologi Informasi (Tl). Pemanfaatan TI ini sudah sangat dirasakan manfaatnya didalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk berkomunikasi, e-commerce, toko on line, transportasi on line, daftar anggota online, sosial media (twitter, path, facebook, istagram, youtobe, dan lain-lain).

Ini yang melatarbelakangi diadakannya acara Focus Group Discussion (FGD) Pramuka dalam memanfaatkan kemajuan TI yang diselenggarakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka di Kwarcab Gerakan Pramuka Depok, Jawa Barat (17/12).

FGD ini diikuti  16 orang mahasiswa/ mahasiswi yang berlatar belakang anggota pramuka dan bukan anggota Pramuka dengan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang sudah disiapkan dan dilanjutkan dengan diskusi.

Tujuan dari kegiatan FGD ini adalah menggali informasi tentang Gerakan Pramuka melalui penggunaan teknologi informasi. Selain itu juga ingin mendapatkan dan mengetahui masukan-masukan apa yang perlu dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka agar berbagai kegiatan Pramuka ke depan memberikan perubahan “Scout For Change”.

“Kegiatan FGD ini merupakan kelanjutan dari FGD tahun 2014 menindaklanjuti rekomendasi FGD tahun 2014, yaitu komunikasi yg lebih relevan dan lebih kreatif serta lebih menyasar calon peserta didik” Ungkap Kak Arie Rukmantara selaku Annas urusan renbangma sekaligus penanggungjawab pelaksanaan FGD 2015 ini

Kenapa kita pilih mahasiswa dalam FGD kali ini, karena kita ingin bertanya kepada mereka yang aktif kenapa? dan bagi mereka yang tidak aktif lagi, kenapa? dan kepada mereka sama sekali tidak pernah ikut pramuka, apakah mereka masih akan tertarik ke Pramuka. Jawaban-jawaban ini yang ingin kita temukan di FGD ini” kata kak Arie Rukmantara.

“Syarat-syarat membuat mahasiswa tertarik, bangga dan tetep mengaku diri sebagai anggota pramuka dan kalau bisa ada pramuka baru dari mahasiswa. Dan ini menjadi tujuan  akhir dari FDG ditingkat mahasiswa 2015 ini” Pungkas kak Arie Rukmantara

[Humas Kwarnas]

Tinggalkan Komentar