Share This Post

Hiburan / Rebranding Pramuka

Gandeng Kwarnas, MNC Tayangkan Games Pramuka

Gandeng Kwarnas, MNC Tayangkan Games Pramuka

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka kembali mengadakan rapat bersama tim produser MNC Channels guna membahas rencana tayangan games anak berjudul The Camp di MNC Kids. Mereka diterima oleh Andalan Nasional Kwarnas Bidang Komunikasi dan Informasi Kak Hariqo Wibawa Satria.

Rapat terbatas ini membahas konten dari games itu sendiri. Pasalnya, MNC akan menggandeng anak-anak Pramuka sebagai pemain utama tayangan tersebut. Berbagai contoh games dipresentasikan oleh pihak MNC Channels.

“Kita masih mencari formula yang tepat kira-kira jenis permainan atau games apa yang menarik ditayangkan dalam program The Camp ini. Kita inginnya tayangan ini tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa,” ujar Kak Budi Mulyono, Deputy Programming and Productions MNC Channels di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, Rabu (20/12).

Menurutnya, ada banyak tayangan games yang menarik untuk dijadikan referensi seperti Running Man, Survivor 2, The Amazing Race, dan lain-lain. Dari beberapa tayangan ini, objeknya bisa diganti dengan anak-anak Pramuka yang sudah memiliki kemampuan dasar survival kuat.

“Ini baru konsep, sebenarnya banyak sekali jenis permainan atau games yang menarik di televisi. Tapi kami lihat, belum ada satu pun televisi yang menyayangkan games anak yang melibatkan khusus anak Pramuka,” pungkasnya

Kenapa memilih Pramuka, Kak Budi menjelaskan, tayangan ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan nilai-nilai pendidikan kepramukaan di masyarakat. Ia yang mengaku pernah aktif di Gerakan Pramuka ini menyadari, Pramuka adalah organisasi pendidikan yang menyenangkan karena selalu diadakan di ruang terbuka dengan banyak permainan.

“Selain untuk sosialisasi, mengenalkan Pramuka kepada masyarakat, kami juga memahami bahwa Pramuka memiliki banyak skil atau kecakapan. Misalnya dalam bermain di alam terbuka. Jadi saya kira ini ada kesesuaian,” jelasnya.

Sementara itu, Kak Hariqo menambahkan, keunggulan dalam Gerakan Pramuka dibandingkan organisasi lain adalah kuatnya jiwa korsa, semangat gotong royong, dan kerelawanannya. Pramuka kata dia, pasti punya jiwa sosial yang tinggi dan siap bekerja tanpa pamrih.

“Kalau soal kerelawanan dan sifat gotong royong Pramuka nomor satulah. Di mana ada bencana di situ pasti ada Pramuka, setiap Lebaran Pramuka selalu turun mengamankan mudik. Setiap ada kegiatan sosial di masyarakat pasti banyak melibatkan unsur Pramuka di dalamnya,” ujar Kak Riqo.

Selain itu Kak Riqo menjelaskan, Pramuka juga punya semangat partisipasi yang tinggi untuk selalu mengikuti kegiatan. Karena itu, dia yakin tayangan ini bakal mendapat respons positif dari anak-anak Pramuka di daerah. “Di Pramuka tingkat partisipasinya itu tinggi, jadi tidak ada acara di Pramuka yang tidak meriah,” tandasnya.

Program The Camp masih akan dibicarakan lagi dengan matang bersama para pimpinan Kwarnas. Rencananya akan mulai tayang pada Februari atau Maret 2018 mendatang, dengan durasi waktu 60 menit untuk 13 episode. (HA/AK)

Desain: Tim Siber Pramuka

Tinggalkan Komentar