Share This Post

News

Gandeng Pramuka, U-Report Akan Disosialisasikan di Jawa Barat

Gandeng Pramuka, U-Report Akan Disosialisasikan di Jawa Barat

JAKARTA, PRAMUKAPOS.COM – Program U-Report rencananya akan disosialisasikan di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat melalui Geladian Pimpinan Satuan Penegak (Dianpinsat) yang akan dilakukan secara serentak 9-11 Juni 2017 di dua tempat yakni Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Cianjur.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kwartir Cabang Kota Bogor Kak Nurwali. Ia mengatakan, kegiatan Dianpinsat di Cianjur akan diikuti oleh 11 Kwarcab yang ada wilayah Jabar dengan jumlah 440 peserta‎ dengan rincian masing-masing Kwarcab mengirimkan 40 peserta.

“Nantinya dalam kegiatan ini kita akan memasukan program sosialisasi U-Report, untuk menambah wawasan apa itu U Report manfaatnya apa? Dan juga otomatis untuk menambah member registrasi U-Report,” ujar Kak Wali saat dihubungi, Rabu (17/5/2017).

Kak Wali belum mengetahui apakah sosialisasi U Report juga akan di lakukan dalam kegiatan Dianpinsat di Pangandaran ‎yang diikuti 16 Kwarcab. Namun bila itu dilakukan, ia yakin minat Pramuka untuk ikut bergabung sangat tinggi. Sebab, sebelumnya Kwarcab Kota Bogor sudah melakukan hal itu.

“Tanggal 14 Mei kemarin kita mengadakan kegiatan Kemah Jurnalistik. Di sela kegiatan itu kita masukan program U Report, dan semua bergabung menjadi member,” terangnya.

Kemah Jurnalistik Kwarcab Kota Bogor mengundang pemateri dari Kwarnas yakni Andalan Nasional Bidang Kominfo, Kak Habibe Yukezain dan Andalan Nasional Bidang Abdimasgana Kak Rangga Wisnu. Untuk program sosialisasi U Report disampaikan oleh Kak Rangga. Ia pun mengakui antusias Pramuka tinggi untuk ikut program ini.

“Alhamdulillah banyak sudah registrasi. Bahkan sudah ada yang mendapatkan ID U Report-nya. Saya juga jelaskan bahwa registrasi ini sebagai salah satu syarat registrasi Raimuna Nasional secara online,” ujar Kak Rangga. ‎

Sebagai informasi, U-Report adalah gerakan yang bertujuan melindungi anak, membudayakan hidup sehat dan mengurangi kasus kekurangan gizi di Indonesia. Untuk itu, U-Report merekrut dan melatih Pramuka dari seluruh Indonesia sebagai U-Reporter. Ini sesuai dengan semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka yaitu Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.

Sebagai U-Reporter, Pramuka berpartisipasi menyampaikan informasi dan menyuarakan pendapatnya melalui jajak pendapat online dan media sosial. Gerakan ini diinisiasi oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan UNICEF melalui MoU yang ditandatangani pada tanggal 26 November 2015.

Cara berpartisipasinya juga mudah, tinggal ketik PRAMUKA dan kirim SMS ke 94567, serta jawab tiga pertanyaan sudah menjadi U-Reporter. Setelah terdaftar, kita diminta aktif menjawab polling yang diinfokan melalui SMS dan semua itu gratis.‎ (HA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar