Share This Post

Pramuka Peduli

Gandeng TNI AL, Ratusan Pramuka Saka Bahari Tanam Mangrove

Gandeng TNI AL, Ratusan Pramuka Saka Bahari Tanam Mangrove

BATAM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Pramuka Saka Bahari peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara VII) Sail Sabang 2017 menanam 200 bibit mangrove di daerah pesisir pantai Ocarina Batam, Kepulauan Riau, Jumat (24/11).

Bibit mangrove tersebut pemberian dari Rumah Bakau Indonesia, yang secara simbolis diserahkan kepada Komandan Satuan Tugas (Satgas) Pelantara VII Kak Letkol Laut (P) Sukrisno.

“Bibit-bibit mangrove ini akan ditanam oleh Pramuka, semoga bisa tumbuh hijau royo-royo,” ucapnya.

Bibit mangrove saat diserahkan secara simbolis kepada Komandan Satuan Tugas (Satgas) Pelantara VII Kak Letkol Laut (P) Sukrisno. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Penanaman Bibit mangrove oleh peserta Pelantara VII di Pantai Ocarina Batam, Kepulauan Riau (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Kak Letkol Laut (PM) Darmansah menambahkan, tradisi kegiatan penanaman mangrove hendaknya terus dilakukan di pantai-pantai yang sudah terkena abrasi.

“Hal ini dilakukan agar lingkungan tetap asri. Harapannya pohon yang kakak tanam tumbuh dengan baik, kemudian bisa menjadi pelindung bagi tempat kita berkemah,” jelasnya.

Salah satu peserta Pasal Papua, Kak Ana Diana Farnebun berharap, mangrove yang ia tanam dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat menjaga pengikisan pantai di kemudian hari.

“Penanaman mangrove ini untuk menjaga abrasi pengikisan pantai, berharap apa yang kami tanam bermanfaat bagi masyarakat di sini,” harapnya.

Diketahui, peserta Pelantara VII telah melakukan perkemahan selama 3 hari mulai tanggal 23 sampai 25 November 2017 di pantai Ocarina Batam. Menurut jadwal, sore hari ini (25/11) mereka akan kembali meneruskan pelayaran menuju Belawan – Sabang – Pariaman – Bengkulu dan terakhir kembali lagi ke Jakarta. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar