Share This Post

Luar Negeri

Hari Pramuka ke-57 Juga Dirayakan di Jeddah Arab Saudi

Hari Pramuka ke-57 Juga Dirayakan di Jeddah Arab Saudi

JEDDAH – Dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018, Sekolah Indonesia Jeddah mengadakan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak tanggal 12 Agustus 2018. Kegiatan peringatan HUT Pramuka kali ini mengusung tema “Melalui Kegiatan yang Gembira Kita Jadikan Pramuka sebagai Perekat NKRI.”

Peringatan HUT kali ini dikemas dalam bentuk kegiatan kompetesi tiap regu, yaitu regu Penggalang dan Penegak yang ada di Sekolah Indonesia Jeddah. Kompetisi diadakan pada Minggu, 12 Agustus disusul Upacara HUT Pramuka pada hari Selasa, 14 Agustus 2018.

Kegiatan ini dipandu oleh Pembina Pramuka Putra Kak Bunyamin, dan Pembina Putri Kak Amininah. Adapun beberapa mata lomba yang melibatkan seluruh anggota Pramuka pada tanggal 12 Agustus 2018 adalah: Lomba Pionering, Yel-yel Ceria, Mading, dan Rangking 1 pramuka.

Selain untuk mengasah dan menumbuhkan jiwa kompetisi dan kepramukaan pada diri peserta didik, kegiatan ini juga bertujuan melatih kepemimpinan setiap anggota baik peserta lomba maupun panitia.

Kegiatan peringatan HUT Pramuka di sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: istimewa)

Kegiatan peringatan HUT Pramuka di sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: istimewa)

Kegiatan peringatan HUT Pramuka di sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: istimewa)

Kegiatan peringatan HUT Pramuka di sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: istimewa)

“Pendidikan kepemimpinan melalui kegiatan Pramuka yang sengaja diadakan ini terbukti sangat efektif bisa membangkitkan gelora kepramukaan di Sekolah Indonesia Jeddah,” ujar Kak Bunyamin.

Menurutnya, seluruh Pramuka Sekolah Indonesia Jeddah antusias dan semangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Kegiatan ini juga bisa membangkitkan semangat nasionalisme para anggota Pramuka.

“Lewat kegiatan lomba pionering para anggota Pramuka dilatih untuk bisa bekerja sama, tanggung jawab, disiplin, cerdas dan tangkas. Sementara itu, lomba yel-yel ceria bisa mengasah kekompakan, kreativitas dan kelincahan,” jelasnya.

Adapun lomba Mading Pramuka antarkelas yang diikuti siswa kelas V dan VI (SD), VII, VIII, IX (SMP), dan X, XI, dan XII (SMA) bertujuan untuk menumbuhkan dan menggelorakan gerakan literasi pada diri siswa Sekolah Indonesia Jeddah.

Jadi, lanjut dia, Pramuka di Sekolah Indonesia Jeddah merupakan Pramuka yang melek literasi, bahkan terbukti setiap kelas mampu menghasilkan karya dalam bentuk majalah dinding yang dipajang di setiap sudut halaman sekolah untuk memeriahkan acara HUT Pramuka.

Hasil dari kegiatan lomba pionering, yel-yel ceria, dan mading Pramuka ini diumumkan pada Upacara HUT Pramuka ke-57 Selasa, 14 Agustus 2018.

Kak Hendra Permana selaku Pembina Upacara menyampaikan, rangkaian kegiatan HUT Pramuka ke-57 ini diharapkan bisa membangkitkan semangat nasionalisme para warga negara Indonesia yang tinggal di Saudi Arabia, khususnya kota Jeddah yang akhirnya bermuara pada terciptanya Pramuka sebagai perekat NKRI sesuai tema kegiatan ini. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar