Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

IHDN Denpasar Resmi Miliki Nomor Gugus Depan Pramuka

IHDN Denpasar Resmi Miliki Nomor Gugus Depan Pramuka

DENPASAR – Gugus Depan (Gudep) Denpasar 04.623-624 Pangkalan Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar diresmikan oleh Ketua Kwartir Cabang Denpasar (Kwarcab) Kak DR. I Gusti Lanang Jelantik M.Si., Rabu (15/11).

Dalam sambutannya, Lanang Jelantik menjelaskan, pendidikan Pramuka dimaknai dengan pendidikan yang menanamkan penghargaan dan kehormatan diri. Hal inilah yang menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan yang menyenangkan, melekat dan bermakna hingga dewasa.

Secara organisasi, menurut dia, Gerakan Pramuka sangatlah membanggakan dibanding seluruh organisasi lainnya. Pasalnya, di Indonesia tidak ada yang berhak mengalungkan kacu Merah Putih di lehernya kecuali Pramuka. Itu menunjukkan bahwa Pramuka merupakan garda terdepan untuk mengamankan NKRI dan Pancasila yang menjadi pilar kebangsaan Republik Indonesia.

Foto: Dok. Humas Gugus Depan (Gudep) Denpasar 04.623-624 Pangkalan Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

“Kegiatan pendidikan Pramuka dibangun berdasarkan persaudaraan, dasar ini sekaligus menjadi jalan menuju kesuksesan bagi anak-anak Indonesia di masa depan,” jelasnya.

Pembinaan kepramukaan di lingkungan IHDN Denpasar dinilai bisa menumbuhkan cinta Tanah Air. Bila pembinaan Pramuka bisa dilaksanakan lebih maksimal, maka mahasiswa yang ikut kegiatan kepramukaan bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya, baik dari segi kemampuan, keterampilan maupun sikap dan prilaku.

“Sesuai Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, kehadiran Pramuka di IHDN Denpasar diharapkan akan menjadi kegiatan pendidikan nonformal yang menguatkan pendidikan Karakter,” ujar Rektor IHDN Denpasar Kak Prof. Dr. Drs I Gusti Ngurah Sudiana M.Si dalam sambutannya pada upacara peresmian Gugus Depan Denpasar 04. 623-04.624.

Kak DR. Ida Bagus Gede Candrawan M.Ag., Wakil Rektor III dan Pembina Gudep mengucapkan terimakasih kepada Kwarcab Denpasar atas peresmian Gudep 04.623-04.624 ini. Menurutnya, rintisan Gugus Depan ini bermula dari undangan kemah bersama Pramuka di bawah naungan Kemenag RI pada Mei 2016 lalu di Kendari. Saat itu, IHDN Denpasar hadir sebagai peninjau dengan enam mahasiswa dan pendamping.

“Dasar hukum pembentukan organisasi Pramuka di IHDN Denpasar adalah UUD No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka serta surat Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI tanggal 15 Agustus 2016 prihal pembentukan Gugus Depan pada perguruan Tinggi Keagamaan Hindu,” ungkapnya.

Kak Bagus menegasksn, Gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi pionir pembentukan karakter anak bangsa di IHDN.

“Kehadiran Gugus Depan di IHDN Denpasar adalah salah satu sarana membangkitkan rasa kebangsaan, sehingga pembina dan peserta didik menjadi sangat penting untuk mempersiapkan para Pramuka yang berkompetensi,” tutupnya. (IST/AK)

Tinggalkan Komentar