Share This Post

News

Ini 10 Tips Menjaga Indonesia dari Pusdiklatnas Gerakan Pramuka

Ini 10 Tips Menjaga Indonesia dari Pusdiklatnas Gerakan Pramuka

Menjaga keutuhan NKRI menjadi tanggung jawab semua warga negara Indonesia termasuk Pramuka. Keberagaman suku, ras, budaya dan agama adalah modal kekuatan bangsa, sekaligus sebagai cermin bahwa Indonesia adalah negara besar.

Untuk menjaga Indonesia di tengah situasi saat ini, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Kak Suyatno memberikan 10 Tips praktis merawat Indonesia untuk adek-adek Pramuka. Apa saja tipsnya, ini dia penjelasannya.

1. Berdoa dan bersyukur untuk negara dan bangsa Indonesia agar jaya selamanya.

2. Berpikir dan berbuatlah hal yang positif untuk Indonesia.

3. Berani dan percaya diri mengatakan “Akulah Indonesia

4. Bersaudara dan bersahabat lintas suku, agama, budaya, sosial, dan pikiran dalam wadah bangsa Indonesia.

5. Utamakan keakraban dan kedamaian dengan senyum gembira.

6. Semua permasalahan jangan dianggap beban tetapi proses yang dapat diselesaikan.

7. Bermusyawarah dengan rasa kebersamaan tinggi.

8. Akui kekurangan dan kesalahan diri dengan ikhlas karena akan memunculkan kesetaraan berbangsa Indonesia.

9. Berkiprah secara kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa Indonesia.

10. Rawatlah simbol negara seperti lambang negara, lagu kebangsaan, bendera merah putih, bahasa Indonesia dengan tulus.

Sehubungan dengan itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga mengajak kepada adek-adek Pramuka di seluruh Indonesia untuk mengikuti Bhinneka Tunggal Ika Challenge. Tantangan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Untuk mengikuti Bhinneka Tunggal Ika Challenge caranya mudah ko. Berikut penjelasannya.

1. Ajak teman-temanmu minimal 3 orang atau sebanyak-banyaknya yang berbeda latar belakang (suku, budaya, bahasa, daerah, agama). Videokan aksi #BhinnekaTunggalIkaChallange kalian sekreatif mungkin, maksimal 1 menit (60 detik).

2. Contoh narasi “Hei saya Hatta, saya Minang. Aku Soekarno, aku Jawa. Hai aku Andi, aku Bugis, apa kabar. Aku Lusia, aku Manggarai. Aku Edo, dari Papua. Aku Maulana, aku Madura. Nah, saya Hendrik, saya Dayak. Apa kabar dunia? Kami Indonesia. Ayo ikuti #BhinnekaTunggalIkaChallange, mana videomu, Bhinneka Tunggal Ika, Salam Pramuka. Bangga jadi Indonesia.” Salah seorang di antara kalian, disarankan menggunakan hasduk Pramuka.

3. Unggah videomu di medsos, mention/ tag akun-akun berikut: twitter @kwarnas, instagram @gerakanpramuka, dan facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Sertakan tagar wajib #SetiapPramukaAdalahKantorBerita dan #BhinnekaTunggalIkaChallange.

4. Di akhir video, sebut saja yang kalian minta melakukan Bhinneka Tunggal Ika Challenge ini. Atau bisa juga mention ke akun yang kalian tantang. Tantangan ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Videomu akan direpost, dishare, dan disebarluaskan oleh akun-akun Gerakan Pramuka serta jutaan anak Indonesia. Kegiatan ini tidak berhadiah, justru video mu yang akan jadi hadiah bagi Indonesia dan dunia. (HA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar