Share This Post

News

Ini yang Akan Dibahas dalam Rapat Koordinasi Pinsaka ‎

Ini yang Akan Dibahas dalam Rapat Koordinasi Pinsaka ‎

JAKARTA, PRAMUKAPOS.COM – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Pinsaka) Tingkat Nasional di Gedung Kwarnas, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2017. Rakor ini mengambil tema “Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa”. Rakor Pinsaka ini akan dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault.

Pimpinan Saka yang akan hadir antara lain, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Wira Kartika, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka Widya Budaya Bakti

Wakil Ketua Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kak Abdul Shobur mengatakan, Rakor ini rutin digelar setiap tahun guna membangun komunikasi yang efektif antara Kwarnas dengan para pimpinan Saka sehingga bisa melahirkan program kerja bagi kemajuan Gerakan Pramuka.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk mensinergikan kegiatan kepramukaan di Kwarnas dan kegiatan kepramukaan di kementerian atau lembaga yang membawahi masing-masing Saka,” ujar Kak Shobur di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

‎Kwarnas menurut Kak Shobur telah membangun anjungan atau sanggar dari masing-masing Saka di Bumi P‎erkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Dengan pertemuan ini diharapkan, sanggar bisa dimaksimalkan manfaatnya oleh masing-masing Saka dalam menjalankan program-program kepramukaan.

“Sanggar Saka di Buperta harus bisa dimaksimalkan manfaatnya sebagai sarana kegiatan kepramukaan. Tempat pertukaran ide dan gagasan untuk penyusunan program sehingga bisa menghasilkan karya nyata,” terangnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB akan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari beberapa utusan yakni, Pimpinan Kwarnas, Andalan Nasional, Ketua Pinsaka Tingkat Nasional, dan Sekretaris Saka Tingkat Nasional. ‎Di sela-sela rapat, Kwarnas juga akan menyampaikan beberapa program kepada para pimpinan Saka. Seperti kegiatan Lomba Tingkat (LT) V dan Raimuna Nasional Tahun 2017. ‎Kemudian pemaparan mengenai 6 pilar utama Kwarnas Gerakan Pramuka 2013-2018.

Diketahui, Satuan Saka merupakan wadah pembinaan untuk ‎meningkatkan penqetahuan, kemampuan dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bidang masing-masing yang berguna baik bagi ‎dirinya maupun bagi masyarakat ‎dengan ‎menerapkan Prinsip Oasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta ‎Sistem Among. Sementara Pimpinan Saka adalah perangkat kerja kwartir yang berfungsi untuk dan memperkuat Saka yang dibimbingnya dan menjadi bagian dari dan ‎bertindak sesuai arahan kwartir. ‎Saka diharapkan dapat mewujudkan Pramuka yang professional, terampil, ‎tangguh dan menjadi pelopor pembaharuan. (HA/Humas Kwarnas)

Tinggalkan Komentar