Share This Post

Budaya

Inne Febriyanti Jadi Juri Lomba Karnaval Budaya Pramuka

Inne Febriyanti Jadi Juri Lomba Karnaval Budaya Pramuka

JAKARTA – Aktris senior Kak Sha Inne Febriyanti menjadi juri Karnaval Budaya dalam Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (28/10). Karnaval Budaya menjadi lomba di terakhir kegiatan ini.

Menurutnya, lomba Karnaval Budaya cukup bagus dimainkan oleh anak-anak Pramuka usia SMP. Pasalnya, Pramuka sejak dini sudah bisa menyajikan kegiatan menarik dengan tujuan memperkenalkan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Marauke.

“Menurutku bagus untuk sebuah perhelatan yang positif. Budaya yang ditampilkan sudah lengkap. Sebagai alat pendidikan itu sudah bagus,” ujar Kak Inne di lokasi.

Namun, agar ke depan Karnaval Budaya lebih bagus, Inne mengusulkan agar dilakukan semacam workshop tentang bagaimana memilih kostum dan tema untuk memperkenalkan daerahnya. Menurut pengamatan Inne sebagai juri, ada beberapa penampilan yang belum kuat, tetapi ada juga yang sudah bagus.

“Ke depan saya harap bisa lebih bagus, Pramuka dikasih referensi lebih dulu tentang beberapa jenis Karnaval Budaya di dunia, atau minimal di tingkat nasional. Jadi mereka banyak referensi, oh karnaval yang baik itu begini,” jelasnya.

Adapun kriteria penilaian dari lomba ini adalah tema, keunikan, bahan busana, dan kekompakan gerak. Meski sudah mengetahui kontingen mana yang menjadi kandidat pemenang dalam karnaval ini, Inne masih merahasikan. “Masih rahasia,” jelasnya.

Diketahui Lomba ini diikuti 66 regu Pramuka Penggalang dari 33 Provinsi se-Indonesia. LT-V Gerakan Pramuka dibuka pada Senin pagi, 23 Oktober 2017 oleh Kak Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan lomba yang diikuti Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Provinsi di Indonesia.

LT-V adalah kegiatan yang sangat dinantikan dan prestisius, karena seleksi peserta yang sangat ketat. Regu yang bisa mengikuti Lomba Tingkat Lima (LT-V) adalah Regu yang menjuarai empat Lomba Tingkat (LT) sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat Kecamatan), LT-III (tingkat Kota/Kabupaten), dan LT-IV (tingkat Provinsi). Jadi, LT-V adalah pertemuan regu penggalang terbaik di Indonesia. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar