Share This Post

Tokoh

Pramuka Angkat Kisah Penjaga Rel Kereta Dalam Video

Pramuka Angkat Kisah Penjaga Rel Kereta Dalam Video

DEPOK, PRAMUKAPOS.COM – Kak M. Sony Alviano, anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Depok, Jawa Barat, membuat video reportase tentang kisah penjaga pintu perlintasan kereta jalur Jakarta-Bogor. Kisah itu mengharukan dan mendapatkan apresiasi dari warganet.

Video reportase itu setelah diunggah di akun instagram resmi Kwarnas Gerakan Pramuka (@Gerakan Pramuka) sudah ditonton 3.369 warganet. Videonya dapat dilihat di sini.

“Salam Pramuka. Saya Sony. Sekarang saya berada di jalur kereta Jakarta-Bogor,” ujar M. Sony Alviano mengawali reportasenya.

“Guys, tahukah kamu, sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 500 pintu kereta tidak resmi yang dibuat oleh warga, di mana pintu perlintasan resmi jauh dari pemukiman warga setempat. Pintu tersebut dijaga oleh relawan-relawan yang menjaga tanpa alat sinyal apapun alias manual, pakai insting,” terangnya.

Kak Sony menambahkan, salah satu relawan yang menjaga pintu perlintasan kereta jalur tersebut bernama Kak Nek Asiah. Ia sudah menjaga pintu perlintasan kereta selama 14 tahun.

Nek Asiah terkenal sebagai sosok yang suka menolong dan ikhlas. Diberi uang atau tidak, ia tetap menjaga pintu perlintasan kereta jalur Jakarta-Bogor.

“Beliau ikhlas menjalankannya,” imbuhnya.

Video reportase tersebut adalah aksi nyata dalam membumikan semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam periode kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault di media sosial, yaitu “setiap Pramuka adalah kantor berita.” Banyak sekali video karya Pramuka lainnya, dan bisa dicek di instagram dengan mengetik tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita.(MSA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar