Share This Post

Wanita

Ketua IIK Resmikan Sanggar Ilmu di Cibubur

Ketua IIK Resmikan Sanggar Ilmu di Cibubur

JAKARTA – Ketua Ikatan Ibu-ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka Kak Mira Adhyaksa meresmikan Sanggar Ilmu di Balai Warga, Kompleks Perumahan Karyawan, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, Jumat (22/12), Pukul 14.00 WIB.

Istri Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault ini menjelaskan, didirikannya Sanggar Ilmu tidak lain untuk meningkatkan minat baca anak-anak yang dirasakan semakin berkurang, seiring berkembangnya teknologi informasi.

“Sanggar Ilmu ini merupakan prakarsa dari IIK, tujuannya untuk meningkatkan minat daya baca anak-anak, dan juga sekaligus dalam rangka ikut mencerdaskan anak bangsa,” ujar Kak Mira di lokasi.

Menurutnya, anak-anak saat ini sudah dimanjakan dengan adanya teknologi informasi berupa gadget. Padahal untuk mengetahui informasi, membaca buku itu jauh lebih penting, karena ada proses yang harus dilalui anak. Di samping itu, buku relatif lebih valid sumbernya.

“Jadi dengan membaca buku itu ada proses yang harus dilalui anak, dari mencari buku, mengelempokkan referensi, sampai membaca dan memahami isi bukunya,” jelasnya.

Sanggar Ilmu ini juga menjadi sarana tempat bermain anak. Di tempat ini mereka akan saling berinteraksi satu dengan yang lain. Selain itu, tempat ini dibuka untuk umum. Disediakan banyak buku bacaan anak-anak, serta terdapat petugas yang bisa mengarahkan dan mendampingi anak-anak belajar.

Ketua Ikatan Ibu-ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka Kak Mira Adhyaksa saat meresmikan sanggar Ilmu di Cibubur (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Ketua Ikatan Ibu-ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka Kak Mira Adhyaksa saat meresmikan sanggar Ilmu di Cibubur (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Kak Mira berharap jajaran pengurus kwartir di bawahnya juga ikut mendirikan Sanggar Ilmu di daerah-daerah. Sebab, Gerakan Pramuka dibentuk memang tujuannya sejak awal dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Dalam peresmian itu, terlihat anak-anak sangat menikmati dunia baca di Sanggar Ilmu. Tidak hanya membaca, mereka juga ikut lomba mewarnai dan mendongeng. Di akhir kegiatan, IIK membagikan doorprize kepada mereka.

Peresmian ini bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ibu. Sehari sebelumnya, IIK menggelar Talkshow bertema “Perempuan Milenium Sehat Jiwa Cerdas Hatinya” di Aula Cut Nyak Dien. Kegiatan ini diikuti 200 peserta, terdiri dari anggota Gerakan Pramuka beserta ibunya. Dr. Aisah menjadi narasumber dalam Talkshow ini.

Selain itu, juga diadakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Ada juga bazar yang menjual berbagai macam barang dan makanan. (HA/AK)

Desain: Tim Siber Pramuka

Tinggalkan Komentar