Share This Post

Rebranding Pramuka

Jinggo Pelantara Guncang KRI Banda Aceh-593

Jinggo Pelantara Guncang KRI Banda Aceh-593

BENGKULU – Pramuka Saka Bahari Peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017 mengguncang KRI Banda Aceh-593 dengan aksi “Jinggo Pelantara” yang diciptakan Kak Hendy Supriansyah, di atas laut Bengkulu, Senin (11/12).

Jinggo Pelantara merupakan yel-yel penyemangat bagi para peserta Pelantara. Yel-yel ini perlu dilakukan karena masing-masing peserta mempunyai ego yang harus disatukan dengan satu dinamika seperti yel-yel.

“Yel Jinggo Pelantara itu mempunyai getaran yang sangat luar biasa. Apabila kita entakkan kaki ke kapal secara bersama-sama, maka kapal akan bergetar dan dari situlah timbul semangat peserta Pelantara,” ungkap Sangga Kerja Pelantara asal NTB, Kak Hendi Supriansyah.

Kak Ade Farida, peserta asal Jawa Tengah berharap, jargon Jinggo Pelantara bisa terus menumbuhkan semangat kebersamaan bagi seluruh peserta pelantara. Menurutnya, dengan melakukan gerakan Jinggo Pelantara saja sudah bisa menghilangkan rasa sedih dan letih yang sering kali menghampirinya.

“Ini yel-yel yang sangat asyik dan dapat memberikan kekuatan persaudaraan yang tinggi di antara kita peserta Pelantara dari berbagai daerah,” ucapnya.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Selain itu, diadakan lomba yel-yel antarpeserta, diawali penampilan Saka Bahari TNI Angkatan Laut tiap daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua.

Pada kesempatan yang sama, peserta Pelantara VII yang dipimpin Kasi Baksos Mayor Marinir Riyadi berserta Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Saka Bahari TNI Angkatan Laut melakukan baksos ke masjid-masjid dan yayasan-yayasan di Bengkulu sebagai wujud kepedulian dan sosialisasi terhadap masyarakat Bengkulu.

Pelantara VII Sail Sabang 2017 sendiri diikuti 774 peserta, terdiri atas 416 Pramuka Saka Bahari, 258 Bakti Bela Negara Kemhan RI, dan 100 ABK KRI Banda Aceh-593. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar