Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kapinsaka Bahari Nasional Buka Perkemahan Pelantara VII di Sabang

Kapinsaka Bahari Nasional Buka Perkemahan Pelantara VII di Sabang

SABANG – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) diwakili Ketua Pimpinan Saka (Kapinsaka) Bahari Tingkat Nasional, Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya membuka perkemahan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII di Krueng Raya, Sukakarya, Sabang, Aceh pada Jumat (1/12). Sebelumnya, digelar upacara adat Bhinneka Tunggal Ika (BTI) dan Waka Kwarnas Bidang Bina Muda Prof. Budi Prayitno didaulat sebagai pembina upacara adat.

“Pelantara adalah forum untuk memupuk rasa persaudaraan. Baju yang kalian kenakan tak sama satu dengan yang lainnya, begitu pula dengan daerah asal kalian, namun kalian tetap bersaudara. Saya percaya 15-20 tahun lagi kepemimpinan negeri ini berada di tangan kalian,” ucap Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya ketika membuka perkemahan Pelantara VII di Sabang, Aceh.

Ketua Sangga Kerja Kak Ahmad Nurul Fauzi dalam laporannya mengungkapkan, perkemahan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017 merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega anggota Saka Bahari dari seluruh Indonesia. Kegiatannya berbentuk pelayaran dengan mengunjungi wilayah pulau-pulau dan melakukan perkemahan di daerah pesisir.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

“Tujuan Pelantara itu untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman para anggota Pramuka agar kelak dapat berperan aktif dan memberikan manfaat untuk masyarakat di daerahnya masing-masing,” jelas Fauzi.

Peserta Pelantara VII melakukan perkemahan di Sabang selama empat hari mulai tanggal 30 November sampai 4 Desember 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri puncak acara Sail Sabang pada 20 Desember 2017.

Pelantara VII Sail Sabang 2017 sendiri diikuti 774 peserta, terdiri atas 416 Pramuka Saka Bahari, 258 Bakti Bela Negara Kemhan RI, dan 100 ABK KRI Banda Aceh-593. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar