Share This Post

Pramuka Peduli

Ke Bali, Kwarnas Gerakan Pramuka Bawa Bantuan untuk Pengungsi Gunung Agung

Ke Bali, Kwarnas Gerakan Pramuka Bawa Bantuan untuk Pengungsi Gunung Agung

JAKARTA - Menyusul letusan Gunung Agung yang terjadi dalam sepekan ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan memberikan bantuan kepada para pengungsi di Bali. Bahkan, salah seorang utusan Kwarnas sudah berangkat menuju lokasi pengungsian di Kabupaten Karang Asem.

“Kwarnas Gerakan Pramuka sudah merencanakan untuk pergi ke lokasi pengungsi Gunung Agung di Bali. Saat ini segala sesuatu tengah dipersiapkan. Bahkan sudah ada yang ke sana,” ujar Andalan Nasional Kwarnas Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Ranggawisnu di Jakarta, Senin (27/11).

Utusan yang dimaksud adalah Kak Eko Sulistio, relawan yang juga Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Abdimasgana. Usai menjalankan misi kemanusiaan yang menimpa Etnis Rohingya di Myanmar, Kak Eko langsung balik ke Indonesia untuk membantu para korban letusan Gunung Agung. “Kak Eko sekarang sedang dalam perjalanan ke Bali dari Myanmar,” jelasnya.

Sementara itu, Kak Rangga bersama yang lain juga tengah mempersiapkan jadwal pemberangkatan bersama Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra. Rencananya, ia bersama Kak Herindra akan berangkat ke Bali akhir pekan ini.

Di Bali, Kwarnas akan memberikan bantuan dan bekerja sama dengan Satgas Pramuka Peduli dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali yang sudah lebih dulu melakukan misi kemanusiaan. Bantuan yang diberikan bisa berupa tenaga kemanusiaan dan sembako.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault sebelumnya mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Satgas Pramuka Peduli Bali. Terlebih, para relawan tersebut tidak ada yang dibayar dan peralatan yang mereka gunakan juga seadanya.

“Salut buat Pramuka Peduli Bali. Mereka rela panas-panasan demi bantu masyarakat imbas Gunung Agung di Bali. Mereka ikhlas, tidak ada yang dibayar sepeser pun,” terangnya.

“Terima kasih sekali. Insya Allah Tuhan yang Maha Kuasa, Allah swt. membalas kebaikan kakak-kakak di sana. Hati-hati dan jaga kesehatan selalu,” harap Menpora Periode 2004-2009 ini. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar