Share This Post

Wisata

Keindahan Pantai Manggar Balikpapan, Lokasi Perkempinas

Keindahan Pantai Manggar Balikpapan, Lokasi Perkempinas

JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) IlI Tahun 2017, di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 19-24 November 2017. Lokasi Perkempinas diketahui merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Kalimantan Timur. Bagaimana keindahan pantai tersebut?

Masyarakat di sekitar ada juga yang menyebutnya Pantai Segarsari. Memiliki luas 13.000 m2, Pantai Manggar terlihat sangat indah. Airnya jernih, gelombang ombaknya tidak terlalu besar, pasir pantainya pun terlihat putih. Tak heran tempat ini menjadi favorit masyarakat untuk berlibur di akhir pekan.

Pantai yang dikelola oleh Pemerintah Kota Balikpapan ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap, di antaranya tempat parkir yang luas, tempat ibadah, rumah makan, kemudian alat-alat permainan watersport seperti banana boat dan jet sky, penyewaan balon pelampung untuk anak-anak, bahkan kolam renang.

Masyarakat biasa menggunakan Pantai Manggar untuk bermain voli pantai. Di pinggir pantai juga sudah banyak ditanami pohon pinus yang rindang sehingga menambah kesejukan pantai ini. Hal sering dinanti pengunjung adalah sunrise atau matahari terbit dari arah timur bibir pantai.

Sangat mudah untuk bisa mencapai lokasi ini. Pantai Manggar hanya berjarak 22 km dari pusat kota Balikpapan, atau 9 Km dari Bandara Sepinggan. Wisatawan bisa mengunakan kendaraan pribadi atau umum guna menuju Pantai Manggar, rute perjalanan juga tidak susah karena semua akses jalan sudah diaspal mulus.

Sebelumnya, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Binawasa Kak Susi Yuliati mengatakan, Dinas Pariwisata Balikpapan sangat mendukung diadakannya Perkempinas di sekitar Pantai Manggar. Sebab kegiatan ini diyakini bisa ikut mempromosikan Pantai Manggar ke seluruh Indonesia.

“Dinas Pariwisata Kota Balikpapan sangat support kegiatan ini. Mereka justru senang karena Perkempinas bisa dijadikan ajang promosi pariwisata daerah yang ada di Balikpapan. Masyarakat yang tadinya belum tahu jadi tahu,” ujar Kak Susi saat dihubungi.

Satu minggu sebelum kegiatan ini dimulai, ratusan Pramuka di Balikpapan sudah dikerahkan untuk kerja bakti membersihkan dan merapikan Pantai Manggar. Kak Susi ingin peserta nantinya bisa membuat tulisan dari setiap kegiatan Perkempinas, lalu meng-upload di media sosial.

“Mereka bisa mengabadikan setiap momen dari kegiatan Perkempinas ini dengan membuat konten berupa tulisan, foto, maupun video lalu diunggah di media sosial. Ini bagian dari cara untuk mempromosikan pariwisata daerah,” jelasnya.

Diketahui peserta Perkempinas adalah Pramuka Penegak dan Pandega putri usia 17-24 tahun. Mereka adalah Pramuka yang tercatat aktif di Gugus Depan. Kak Susi mengungkapkan rencananya, sesuai target kegiatan ini akan diikuti 1.550 peserta, dan tahun ini ketiga kalinya Perkempinas diadakan oleh Kwarnas. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar