Share This Post

Rebranding Pramuka

Kwarcab Kabupaten Belitung Punya Bumi Perkemahan Cantik di Tepi Pantai

Kwarcab Kabupaten Belitung Punya Bumi Perkemahan Cantik di Tepi Pantai

BELITUNG – Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Belitung punya Bumi Perkemahan yang cantik di Kawasan Pantai Tanjung Pandang. Hal ini disampaikan Ketua Kwarcab Kabupaten Belitung, Kak Karyadi saat kunjungan Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Marbawi ke Belitung pada Kamis (16/11).

Menurut Kak Karyadi, total luas area hampir 100 hektar, namun yang sudah dibangun fasilitas lengkap baru tujuh hektar. Berbatasan langsung dengan pantai yang landai, buper ini juga sudah pernah digunakan untuk Kemah Budaya Nasional tahun 2016.

“Lokasinya cantik sekali, bisa untuk perkemahan 10 ribu orang, dan siap untuk kegiatan-kegiatan nasional yang menunjang pariwisata Belitung. Jika sudah selesai kami berharap Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bisa meresmikannya,” ujar Kak Karyadi.

Sementara itu, Kak Marbawi di lokasi berharap, bumi perkemahan Kwarcab Belitung ini dapat jadi contoh buper berbasis kepulauan, terutama di Indonesia bagian barat. Secara umum, Kak Marbawi ingin setiap Kwarda, Kwarcab bahkan Kwarran dan Gudep punya buper sendiri. Pasalnya, buper memiliki banyak fungsi seperti untuk kemah, sumber belajar, konservasi, dan mengandung nilai sosial ekonomi, dan wisata.

“Berkemah di tepi pantai yang indah adalah idaman setiap anak di seluruh dunia, namun tidak setiap negara dikarunia pantai yang indah oleh Tuhan YME. Indonesia, terutama Belitung sangat beruntung, karenanya kita berharap dukungan dari semua pihak agar bumi perkemahan Kwarcab Belitung ini semakin lengkap fasilitasnya. Bumi perkemahan itu pemersatu generasi pelanjut kejayaan NKRI,” ujar Kak Marbawi. (AK)

Tinggalkan Komentar