Share This Post

News

Kwarcab Sleman Ingin Bentuk Tim Jurnalis Pramuka

Kwarcab Sleman Ingin Bentuk Tim Jurnalis Pramuka

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta mengadakan pelatihan jurnalistik dan media sosial ‎di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Minggu 21 Mei 2017.

Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka ‎Yogyakarta, Kak Andri mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap Pramuka tentang dunia jurnalistik dengan menghadirkan dua pemateri yakni Kak Reren Indranila, dari Radar Jogja dan Kak Ma’ruf Cahyadi, Admin Pramuka Update.

“Kak Reren lebih menekankan tentang teknik penulisan berita dengan baik melalui prinsip dasar 5W+1H. Sedangkan Kak Ma’ruf lebih kepada pengoptimalan media sosial Pramuka,” ujarnya, saat dihubungi, Senin (22/5/2017). ‎

Menurutnya, pelatihan jurnalistik ini juga melatih Pramuka memanfaatkan media massa atau media sosial untuk kegiatan kepramukaan atau kepentingan nasional lainnya. Sekaligus kata dia, untuk membumikan semboyan Kwarnas yakni “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita”

“Setelah ini kita punya rencana pengembangan mengadakan pelatihan lanjutan, ‎yakni teknik fotografi, dan editing video. Targetnya, kita ingin membentuk Tim Jurnalis Pramuka Sleman‎,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Andalan Nasional Kwarnas Urusan Kominfo, Kak Hariqo Wibawa Satria mengapresiasi diadakannya pelatihan jurnalistik oleh Kwarcab Sleman. Ia melihat daerah sudah mulai banyak menerapkan semboyan “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita” dengan mengadakan berbagai pelatihan jurnalistik.

“Pramuka di daerah saya liat sudah mulai banyak mengadakan pelatihan jurnalistik dalam bentuk seminar maupun kemah. Kemarin ada di Bogor, Lampung, Bengkulu, Aceh, Wajo, Semarang, Ponorogo, sekarang di Sleman. Ia perkembangan yang bagus,” ujar Kak Hariqo.

Kak Hariqo menjelaskan, “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita” adalah semboyan Kwarnas di masa kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault. Tujuanya adalah setiap Pramuka mempunyai kesadaran sebagai pemilik, pemimpin redaksi, sekaligus wartawan bagi akun media sosialnya masing-masing. Jadi Pramuka punya tanggungjawab sosial dengan medsosnya.

“Bentuknya bagaimana Pramuka bisa aktif memberitakan kegiatan Pramuka, produk lokal, pariwisata, kuliner, tokoh inspiratif, dan potensi daerah lainnya,” pungkasnya. ‎ (HA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar