Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarda Jambi Studi Banding ke Pusdiklatnas Gerakan Pramuka

Kwarda Jambi Studi Banding ke Pusdiklatnas Gerakan Pramuka

JAKARTA – Jajaran pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi melakukan kunjungan ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (13/12). Kunjungan ini dalam rangka studi banding.

Kunjungan Kwarda Jambi diterima Kepala Pusdiklatnas Kak Suyatno. Kedatangan mereka untuk mempelajari lebih dalam mengenai metode pendidikan kepramukaan yang dipakai oleh pembina dan pelatih.

“Ada banyak yang mereka pelajari, salah satunya mereka belajar tentang sistem pengelolaan ijazah melalui sistem penomoran yang otomatik,” ujar Kak Suyatno saat dihubungi.

Di kesempatan itu, pihaknya juga menunjukkan alat yang dipakai Pusdiklatnas untuk mendukung metode pendidikan kepramukaan seperti alat-alat autbond, alat camping, alat upacara, dan lain-lain. “Terus tadi kita jelaskan juga sistem pendidikan dan pelatihan di Pusdiklatnas dengan metode yang menarik dan menantang,” jelasnya.

Selain itu, Pusdiklatnas juga menunjukkan kepada Kwarda Jambi sistem belajar sambil melakukan, yaitu melalui praktik menanam pohon cabe, terong, dan lain-lain. “Dalam metode kepramukaan ada istilah belajar sambil melakukan, setelah pelatih melakukan simulasi di kelas, dia harus mempraktikan langsung,” tuturnya.

Salah satu pengurus Kwarda Jambi, Kak Ricki Wahyudi mengatakan, selain belajar tentang metode kepramukaan, mereka juga belajar pengelolaan aset Gerakan Pramuka, sehingga ke depan bisa menciptakan kemandirian organisasi untuk menunjang berbagai kegiatan Kwarda.

“Selain ke Kwarnas kita juga melakukan studi banding ke Kwarda Jabar,” tuturnya. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar