Share This Post

Pramuka Peduli

Kwarnas Akan Kirim Tim Tanggap Bencana Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala

Kwarnas Akan Kirim Tim Tanggap Bencana Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala

Lombok Utara – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan segera mengirimkan tim untuk melakukan penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Rencana tim akan berangkat ke lokasi pada Minggu 30 September 2018.

Andalan Nasional Kwarnas urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Kak Eko Sulistio mewakili Tim dari Kwarnas mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Arifin dari Satuan Karya (Saka) Gerakan Pramuka Dirgantara Lanud Hasanuddin, Makkasar, Sulawesi Selatan untuk melakukan pergerakan ke lokasi bencana.

“Alhamdulillah Saka Dirgantara Lanud Hasanuddin siap memfasilitasi, karena memang bandara yang langsung ke Palu masih ditutup. Dari Makkasar nanti akan menuju lokasi melalui jalur darat,” ujar Kak Eko di Lombok Utara, Sabtu (29/9/2018).

Kak Eko saat ini masih berada di Lombok Utara karena Posko Pramuka Peduli dari Kwarnas masih sibuk melakukan penanganan rehabilitasi dan rekontruksi rumah-rumah dan bangunan milik warga yang roboh karena gempa. Rencananya Eko bersama Tim akan menuju Makkasar langsung dari lombok dengan membawa peralatan.

“Kita sudah siap dengan alat pengamanan diri personal, tandu, tenda, radio komunikasi, solar cell atau listrik tenaga surya, filter air, dan bahan makanan,” ujar Kak Eko.

Kak Eko akan didampingi dari Ubaloka atau Jawa Tengah dua orang, relawan Jakarta satu orang, dan Pramuka Peduli Kabupaten Sukabumi satu orang, jumlah lima orang. Langkah awal yang akan dilakukan yakni melakukan asessment, dan berkoordinasi BPPD, Basarnas, dan Pramuka dari Kwarda Sulawesi Tengah, untuk melakukan evakuasi para korban.

“Tim yang kita bawa ini sudah memiliki sertifikasi kemampuan rescue. Mereka sudah punya pengalaman turun di berbagai lokasi bencaba,” jelasnya.

Kak Eko juga sudah mendapatkan izin dari Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana Muhammad Herindra. Pihaknya mendukung penuh aksi kemanusiaan yang akan dilakukan Kak Eko bersama tim Pramuka Peduli yang lain.

“Saya sudah minta Pramuka Peduli bergerak cepat untuk terjun ke lokasi menolong warga terdampak yang membutuhkan,” ujar Kak Herindra saat dihubungi. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar