Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarnas Gerakan Pramuka Bentuk Pokja AD/ART

Kwarnas Gerakan Pramuka Bentuk Pokja AD/ART

JAKARTA – Kelompok Kerja (Pokja) AD/ART Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan rapat terbatas di Ruang Jahe lantai 2, Gedung Puslitbang Sumberdaya dan Pelayanan Kesehatan Badan Litbangkes, Kemenkes Jl. Percetakan Negara no: 29, Jakarta Pusat Senin, 6 Nopember 2017. Rapat tersebut membahas pemetaan/sinkronisasi antara pasal2 dalam UUGP dg AD/ART.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho mengatakan, rapat ini dalam rangka meminta masukan dan koreksi dari semua pihak tentang isi AD/ART agar bisa disesuaikan dengan UU No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, sehingga ada sinkronisasi.

“Ini rapat pendahuluan, pembahasan terkait Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dari AD/ART Gerakan Pramuka. Kita butuh masukan dari semua pihak,” ujar Kak Kodrat di lokasi, Senin (6/7).

Melalui rapat ini, lanjut Kak Kodrat, pihaknya ingin mengetahui pasal-pasal mana yang perlu segera direvisi untuk penguatan Gerakan Pramuka ke depan. Ia tidak ingin ada beberapa pasal yang bertentangan dengan UU. Karena itu, Pokja ini benar-benar akan mencermati setiap pasal yang ada di AD/ART.

“Kita sebenarnya ingin tahu kira-kira ada gak pasal yang belum diatur di AD/ART. Atau kita juga ingin memastikan semua aturan itu tidak bertentangan dengan UU lebih tinggi di atasnya. Jadi ini semacam sinkronisasi,” jelasnya.

Misalnya dalam penyempurnaan ini, jelas dia, ada beberapa hal yang sudah masuk dalam DIM, yakni peran orang tua dalam UU Gerakan Pramuka yang belum diatur secara jelas di AD/ART. Lalu tentang posisi Ketua Harian Kwartir Daerah juga belum diatur di AD/ART, dan Lembaga Akreditasi.

“Untuk akreditasi dan sertifikasi belum terlaksana karena diperlukan adanya lembaga akreditasi dan sertifikasi kepramukaan. Sementara lembaga akreditasi kepramukaan belum dibentuk, dan Insya Allah dalam kesempatan mendatang dapat dibentuk. Lembaga tersebut merupakan amanat UU Gerakan Pramuka,” terangnya.

Menurutnya, semua Pokja saat ini tengah mempersiapkan pembahasan sesuai bidang masing-masing untuk diselesaikan dan dibawa ke Rapat Pleno pada awal Desember mendatang. Pokja AD/ART ditargetkan akan selesai selama satu bulan ini. “Targetnya kita bisa selesai sebelum akhir bulan ini,” jelasnya.

Selain Kak Kodrat, rapat juga dihadiri Waka Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kak Abdul Shobur, Kepala Puslitbangnas Gerakan Pramuka Kak Wan Abas, Kepala Pusdiklatnas Kak Suyatno, Andalan Nasional Gerakan Pramuka, Kak Rio Sidauruk, Kak Anang Suparman, Kak Antonius Daud, dan Kak Nana Mulyana (HA/AK)

Tinggalkan Komentar