Share This Post

News

Kwarnas Gerakan Pramuka Beri Penghargaan Kepada 23 Media.

Kwarnas Gerakan Pramuka Beri Penghargaan Kepada 23 Media.

JAKARTA – Sebagai apresiasi atas komitmen pempublikasikan kegiatan kepramukaan di seluruh daerah, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan memberikan penghargaan kepada 23 media tingkat nasional dan juga daerah baik televisi, cetak, ataupun online. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault di Gedung Kwarnas, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat Senin (24/9/2018).

Kak Adhyaksa berterima kasih selama ini media sudah banyak membantu Kwarnas mempublikasikan kegiatan Gerakan Pramuka dalam rangka membangun citra positif di masyarakat. Tanpa dukungan media, maka sekian ribu kegiatan Pramuka yang ada di pusat maupun daerah tidak akan terpublikasi dengan baik.

“Dengan dukungan dari media selama ini, hubungan antara organisasi dalam hal ini Gerakan Pramuka dan masyarakat akan lebih erat terjalin. Prestasi dari adik-adik Pramuka dan organisasi juga bisa lebih terpublikasi ke masyarakat dengan baik. Karena itu saya ucapkan terimakasih kepada seluruh media yang sudah ikut mendukung dan menyukseskan kegiatan Pramuka melalui media,” ujar Kak Adhyaksa.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat memberikan penghargaan kepada 23 Media. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat memberikan penghargaan kepada 23 Media. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat memberi penghargaan kepada 23 Media. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat memberikan penghargaan kepada 23 Media. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat memberikan penghargaan kepada 23 Media. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Adapun nama-nama media yang akan menerima penghargaan dari Kwarnas adalah sebagai berikut:

MEDIA CETAK
1. Republika
2. Jawa Pos
3. Indopos
4. Kompas
5. Radar Bogor

MEDIA ONLINE
1. Okezone.com
2. Tribunnews.com
3. Rmol.co
4. Timesindonesia.co.id
5. Suaramerdeka.com
6. Obsessionnews.com
7. Detik.com
8. Liputan6.com
9. Antaranews.com
10. Kumparan.com

TELEVISI
1. Televisi Republik Indonesia (TVRI)
2. iNews TV
3. CNN Indonesia
4. TV One
5. Metro TV

RADIO
1. Radio Republik Indonesia (RRI)
2. Radio Elshinta
3. Sonora FM

Kak Adhyaksa salut karena media-media ini secara sukarela memberitakan kegiatan kepramukaan tanpa dibayar. Mereka membantu agar kegiatan adik-adik Pramuka di lapangan bisa tersampaikan kepada masyarakat luas. Apalagi, kegiatan Pramuka di lapangan juga sifatnya sukarela, mereka tanpa pamrih terus melakukan kebajikan guna membantu masyarakat. Seperti dalam setiap penanganan bencana di berbagai daerah.

Pria yang hobi panjat gunung ini menjelaskan ada sekian ribu kegiatan kepramukaan di seluruh Indonesia setiap minggu. Banyak di antaranya memyangkut kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan melalui wadah Pramuka Peduli, seperti membersihkan lingkungan, membantu masyarakat dalam penanganan bencana, karya bakti, penyuluhan kesehatan, dan kegiatan lain yang sifatnya pendidikan Bela Negara bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintahan.

“Kegiatan kepramukaan di daerah setiap minggunya itu ada ribuan baik yang ada di Gudep, Kwarran, Kwarcab, maupun di Kwarda ataupun di Kwarnas sendiri. Selama ini mereka masih memanfaatkan media sosial sebagai media utama dalam mempublikasikan kegiatan mereka. Ini bagus dipertahankan, tapi juga harus mendapat dukungan dari media karena mereka adalah mitra kita,” ungkap Adhyaksa.

Kepada seluruh adik-adik Pramuka di seluruh daerah Kak Adhyaksa berpesan agar selalu membangun hubungan baik dengan para wartawan atau jurnalis. Terus melakukan komunikasi, bila perlu bisa belajar jurnalistik agar bisa membuat konten yang menarik untuk disebarkan bukan hanya di media sosial tapi juga kepada media-media mainstream, dengan begitu bisa memudahkan kerja sama dalam berbagi info tentang kegiatan kepramukaan.

Hal ini kata dia, juga sekaligus dalam rangka terus menyuarakan semboyan Kwarnas yakni “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita.” Adhyaksa bersyukur programi ini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya anggota Pramuka.

“Ke depan perlu ditingkatkan lagi, karena sekarang sudah era digital, jadi kegiatan apa pun semuanya bisa mudah terpublikasikan di media sosial. Pramuka punya kemampuan membuat konten yang menarik,” tandasnya. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar