Share This Post

Media Sosial / Rebranding Pramuka

Kwarnas Gerakan Pramuka Dorong Daerah Bentuk Tim Medsos

Kwarnas Gerakan Pramuka Dorong Daerah Bentuk Tim Medsos

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mendorong Kwartir Daerah (Kwarda) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk membentuk tim media sosial. Dorongan ini tertuang dalam surat dengan perihal imbauan membumikan semboyan setiap Pramuka adalah kantor berita dan pembuatan video dokumentasi bersama.

Surat imbauan tersebut dapat dilihat dan didownload di link ini: https://pramuka.or.id/assets/uploads/2017/04/Edaran-setiap-pramuka-adalah-kantor-berita.pdf.

Sekretaris Jenderal, Kak Rafli Effendy menjelaskan bahwa pembentukan tim media sosial di Kwarda dan Kwarcab sangat penting. Pembentukan tim media sosial, menurutnya, untuk membumikan semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam periode kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault.

Namun, sebelum membentuk tim, ia mendorong Kwarda dan Kwarcab di seluruh Indonesia untuk mengadakan pelatihan pengelolaan media sosial terlebih daulu. Pelatihan ini sebagai bekal agar Pramuka bisa mengelola pusparagam informasi yang didapatnya dari internet dengan baik dan benar.

“Membentuk tim media sosial, dengan sebelumnya mengadakan pelatihan media sosial untuk meningkatkan kemampuan anggota Gerakan Pramuka dalam mengelola informasi dan komunikasi di internet,” ujar Kak Rafli Effendy, pada point kedua dalam surat imbauan tertanggal 21 April 2017 ini.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menjelaskan bahwa potensi anggota Gerakan Pramuka yang besar ini harus dimaksimalkan di internet.

“Setiap Pramuka adalah kantor berita. Maksudnya, setiap Pramuka dengan telepon genggamnya mampu mempromosikan potensi daerahnya seperti pariwisata, produk lokal, pasar tradisional, kuliner, budaya, sosok yang menginspirasi, komunitas, kegiatan Pramuka, permainan tradisional, dan kondisi sosial,” terang Kak Adhyaksa Dault dalam beberapa kesempatan.

Menpora Periode 2004-2009 ini menambahkan, Kwarnas Gerakan Pramuka menggagas program duta media sosial. 120 anggota Gerakan Pramuka dari 34 Kwarda Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia akan mengikuti kegiatan ini.

“120 anak-anak kita ini akan diajarkan praktik pembuatan dan pendistribusian konten. Transport dan akomodasi mereka kami tanggung, program ini membantu pemerintah pusat dan daerah mempromosikan pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya, dan potensi daerah lewat media sosial. Kita ingin mereka menjadi pemateri dan duta medsos di daerahnya masing-masing,” pungkasnya. (MSA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar