Share This Post

Wanita

Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar Talkshow Perempuan Milenium Sehat Jiwa Cerdas Hatinya

Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar Talkshow Perempuan Milenium Sehat Jiwa Cerdas Hatinya

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Talkshow bertema “Perempuan Milenium Sehat Jiwa Cerdas Hatinya” di Aula Cut Nyak Dien pada Kamis, 21 Desember 2017.

Menurut Ketua Ikatan Ibu-Ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka Kak Mira Adhyaksa, tantangan kaum perempuam di era milenium sangat. “Karena itu, dibutuhkan peran ibu, dibutuhkan ibu yang sehat jiwa cerdas hatinya,” ucapnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Talkshow.

Ia menilai, ibu adalah sosok mulia di masyarakat. Ibu melahirkan tokoh-tokoh dan pejuang. Melalui rahimnya, lahir seorang presiden, menteri, dokter, guru, dan lainnya.

Kak Mira menambahkan, selama ini penemuan mengenai IQ sebagai pusat kecerdasan dominan ternyata membuktikan bahwa memiliki kecerdasan akal saja tidak cukup. Orang cerdas akal belum tentu menjadi orang yang baik dan bermanfaat. Karenanya, ditemukan kecerdasan spiritual yang sumbernya pada hati.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Ketua Ikatan Ibu-Ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka Kak Mira Adhyaksa. Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

“Nah, inilah yang membuat orang-orang menjadi cerdas akal dan hatinya. Itulah perempuan yang dibutuhkan zaman now, yang punya rasa kepedulian dan empati tinggi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada, baik itu intern rumah tangganya maupun di masyarakat. Zaman now membutuhkan peran serta perempuan untuk berjuang di segala lini,” paparnya

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Susi Yuliati mengajak para perempuan untuk mengevaluasi perannya sebagai ibu. Di antaranya, apakah sudah benar mendidik anak laki-lakinya, apakah sudah benar mendidik anak-anak perempuannya.

“Mari kita tingkatkan potensi diri kita menjadi perempuan Indonesia yang siap menghadapi tantangan kemajuan teknologi. Kita memasuki abad milenial, abad yang serba canggih. Peran kita, mendidik generasi ini. Kita harus membangun kiat-kiat yang baik supaya tidak salah mendidik generasi calon pemimpin bangsa masa depan,” paparnya saat membuka Talkshow.

Talkshow ini diikuti sebanyak 200 orang, yang terdiri dari anggota Gerakan Pramuka beserta ibunya. Dr. Aisah menjadi narasumber dalam Talkshow ini.

Di hari yang sama, juga diadakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Bagi yang ingin cek gula darah dan kolesterol, silakan datang ke acara ini. Ada juga bazar yang menjual berbagai macam barang dan makanan.

Esoknya, 22 Desember 2017, Pukul 14.00 WIB, Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan Peresmian Sanggar Ilmu IIK. Tempat ini sebagai sarana untuk anak-anak membaca atau belajar, bermain dan berkreasi, serta berlajar wirausaha. Lokasi Sanggar Ilmu terletak di Balai Warga Kompleks Perumahan Karyawan, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Menyambut Hari Ibu juga, setiap Pramuka diimbau mengunggah foto bersama ibunya dengan tagar #PramukaSayangIbu dan #PramukaPerekatNKRI. Mereka juga disarankan menuliskan arti nama yang diberikan atau disepakati kedua orang tuanya dalam caption unggahannya tersebut. (MSA/AK)

Desain: Tim Siber Pramuka

Tinggalkan Komentar