Share This Post

Rebranding Pramuka / Wisata

Kwarnas Gerakan Pramuka Minta Daerah Segera Bentuk Saka Pariwisata

Kwarnas Gerakan Pramuka Minta Daerah Segera Bentuk Saka Pariwisata

JAKARTA – Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan, Kak Abdul Shobur meminta Pimpinan Pusat Satuan Karya Pramuka Pariwisata (Saka Pariwisata) agar membentuk kepengurusan di daerah. Sampai saat ini, tercatat baru 15 Provinsi di Indonesia yang sudah memiliki Saka Pariwisata.

“Saya tekankan kepada pihak Pinsaka pusat supaya bagi daerah yang belum ada Saka Pariwisata segera dibentuk. Kedua, segera melakukan pendekatan Saka ini kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah, supaya dapat mendorong anggaran kegiatan-kegiatan Saka ini,” kata Kak Abdul Shobur di sela-sela kegiatan Sosialisasi Saka Pariwisata di Novotel Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Mengenai yang kedua ini, kata Kak Shobur, kegiatan kesakaan difokuskan kepada instansi masing-masing. Jika ada kegiatan berskala besar, Saka Pariwisata dan Saka lainnya bisa sharing bersama Kwarnas maupun Kwarda Gerakan Pramuka di Indonesia.

“Tentu kita harapkan implementasinya nanti di daerah betul-betul dapat terwujud sesuai dengan Jukran, Juklak, Juknisnya ini. Harapan saya daerah-daerah yang belum ada Saka (Pariwisata) agar segera dibentuk, supaya nanti peranan Pramuka dalam ikut serta mendorong pariwisata di daerah masing-masing itu dapat terwujud dengan baik,” tegasnya.

Foto: Dok. Humas kwarnas

Foto: Dok. Humas kwarnas

Foto: Dok. Humas kwarnas

Foto: Dok. Humas kwarnas

Kasubbid Pengembangan Sadar Wisata Kementerian Pariwisata, Kak Arum Darmaningtyas menjelaskan, tahun depan pihaknya akan membentuk Saka Pariwisata di provinsi-provinsi yang belum memiliki Saka tersebut.

“Sekarang ini baru proses. Tahun depan kami akan coba menyelesaikan sisanya agar semua ada Saka,” terang anggota Pinsaka Pariwisata Tingkat Nasional ini di lokasi kegiatan Sosialisasi Saka Pariwisata kepada beberapa Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

“Kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan Saka Pariwisata kepada provinsi yang belum membentuk Saka Pariwisata, karena baru 15 Provinsi yang membentuk Saka Pariwisata,” pungkas Kak Arum. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar