Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Lewat Cara Ini, Gerakan Pramuka Cetak Wiraswasta Baru

Lewat Cara Ini, Gerakan Pramuka Cetak Wiraswasta Baru

JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) III pada 19-24 November 2017 di Bumi Perkemahan Pantai Manggar Balikpapan, Kalimantan Timur. Ketua Panitia Pelaksana Kak Sinta Ayu Lestari mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin menciptakan wiraswasta baru.

“Sebelum pergi ke Balikpapan, para peserta sudah mempersiapkan apa yang mereka buat, usaha apa yang mau mereka rancang, dan nanti di Perkempinas akan dijelaskan bagaimana golnya itu agar tercapai. Jadi, mereka juga dilatih untuk menjadi wiraswasta,” ujar Kak Sinta Ayu di sela-sela Technical Meeting Perkempinas 2017 di Aula Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (5/11).

Kak Sinta menambahkan, mereka juga akan diajari proses pemasaran produk usaha menggunakan media sosial. Para peserta Perkempinas 2017 belajar bagaimana berbisnis dengan e-commers.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kak Susi Yuliati mengatakan, pihaknya ingin memperkuat SDM Pramuka putri. Melalui berbagai kegiatan menarik dan berbeda dari Perkempinas edisi sebelumnya, Kwarnas ingin membekali mereka dengan berbagai keterampilan dan wawasan.

“Perkempinas kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini ada warna lain. Jika sebelumnya lebih banyak mengenal budaya, tapi sekarang kita ingin menunjukkan kemampuan Pramuka putri dengan keterampilan-keterampilan yang membawa manfaat bagi kehidupan mereka,” ucap Kak Susi.

Perkempinas 2017 dijadwalkan akan dibuka oleh Menko PMK Kak Puan Maharani, yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Nasional pada 19 November 2017. Selain itu, pembukaan Perkempinas juga akan dihadiri para tokoh dan pejabat pemerintah daerah seperti Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault, Gubernur Kalimantan Timur Kak Awang Faroek Ishak, Wali Kota Balikpapan Kak Rizal Effendi, serta para tamu undangan dari Tim PKK, Pimpinan Kwarda Kaltim dan Kwarcab Balikpapan. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar