Share This Post

Rebranding Pramuka

Menko PMK Puan Maharani Dijadwalkan Buka Perkempinas

Menko PMK Puan Maharani Dijadwalkan Buka Perkempinas

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Kak Puan Maharani, yang juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Nasional rencananya akan membuka Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) IlI Tahun 2017, di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur pada 19 November 2017.

“Rencananya akan dibuka Menko PMK Puan Maharani selaku Ka Mabinari Gerakan Pramuka. Surat permohonan sudah dikirim Kwarnas,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Dewasa, Kak Susi Yuliati saat dihubungi, Kamis (2/11).

Selain Kak Puan, pembukaan Perkempinas juga akan dihadiri para tokoh dan pejabat pemerintah daerah seperti Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Wali Kota Balikpapan Kak Rizal Effendi, serta para tamu undangan dari Tim PKK, Pimpinan Kwarda Kaltim dan Kwarcab Balikpapan.

“Gubernur akan hadir. Wah beliau sangat semangat dan antusias. Pak Wali Kota juga akan hadir bersama Ibu Wali Kota beserta Tim PKK. Mereka banyak membantu kegiatan ini. Tim PKK misalnya, nanti akan membantu mengisi materi dan kegiatan praktik khusus keterampilan keputrian,” terangnya.

Sebelumnya, Kak Susi mengatakan, kepanduan putri dan kepanduan putra merupakan satu kesatuan utuh di Gerakan Pramuka. Namun demikian, dalam operasional kegiatan antara Pramuka putri dan putra terdapat satuan terpisah yang lebih mengarah kepada penciptaan sikap mandiri dan lebih menuntut adanya kreativitas yang tinggi oleh masing-masing satuan.

“Itulah kemudian mengapa perkemahan putri diadakan, tak lain untuk mengembangkan ciri khas Pramuka putri. Idealnya sosok Pramuka putri itu anggun, kreatif, terampil, berwawasan luas, mandiri, tangguh, berpikir cemerlang, peduli, dan penuh kasih sayang,” jelasnya.

Sementara itu, Kak Adhyaksa Dault menjelaskan, Perkempinas digelar karena Kwarnas ingin memberikan kesempatan dan kedudukan yang sama kepada Pramuka putri untuk mendapat pelatihan dan pendidikan yang menarik melalui media perkemahan di alam terbuka, sebagai bekal kehidupannya kelak.

“Kwarnas ingin terus mendorong pembentukan karakter anak bangsa dengan membuat berbagai kegiatan positif melalui bentuk perkemahan di alam terbuka. Karenanya Perkempinas ini penting untuk melatih kemampuan dan keterampilan Pramuka putri Penegak dan Pandega yang sudah memasuki usia dewasa,” ujar Kak Adhyaksa.

Diketahui peserta Perkempinas adalah Pramuka Penegak dan Pandega putri usia 17-24 tahun. Mereka adalah Pramuka yang tercatat aktif di Gugus Depan. Rencananya, kegiatan ini akan diikuti 1.550 peserta, dan tahun ini ketiga kalinya. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 24 November 2017. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar