Share This Post

Pramuka Peduli

Peduli Lingkungan, Pramuka Saka Bahari Bersihkan Pantai dan Lepas Tukik di Padang

Peduli Lingkungan, Pramuka Saka Bahari Bersihkan Pantai dan Lepas Tukik di Padang

PADANG, Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Sosial Kota Padang Kak Amasyrul membuka kegiatan aksi bersih pantai dan pelepasan 50 ekor tukik (anak penyu) bersama Pramuka Saka Bahari peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017, di Pantai Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (9/12). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang bekerja sama dengan Jasa Raharja beserta, CSR dan jajaran Dinas Kota Padang lainnya.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dan support bagi kota Padang untuk senantiasa menjaga terus pantai ini. Semua elemen masyarakat kita harapkan untuk ikut serta membersihkan pantai ini karena laut kita perlu dijaga kebersihannya,” kata Kak Amasryul saat memberikan sambutan.

Foto: Dok. Humas kwarnas

Foto: Dok. Humas kwarnas

Foto: Dok. Humas kwarnas

Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (P) Sukrisno mengatakan, aksi bersih pantai merupakan wujud rasa cinta Saka Bahari TNI Angkatan Laut pada keindahan dan kelestarian laut di Padang.

“Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke Bengkulu kami akan melaksanakan beberapa kegiatan di Padang ini, karena akan menjadikan pengalaman terbaik untuk penerus bangsa kita melalui Saka Bahari TNI Angkatan Laut dan segala unsur yang sudah turut membantu, semangat kemaritiman harus selalu berkobar,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut Dansatgas, kegiatan bersih-bersih pantai dapat membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan laut. Selain itu, aksi pembersihan sampah juga bertujuan mendukung program pemerintah dalam membangun budaya maritim dengan lebih mencintai lautnya.

Kegiatan diawali dengan pembersihan pantai, dilanjutkan dengan pelepasan 50 ekor tukik dipimpin Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) II Padang Kolonel Marinir Lasmono. Selain itu, dilakukan penyerahan secara simbolis bahan kontak dan penyerahan kunci pembangunan rumah tidak layak huni dari Satgas Pelantara VII Sail Sabang 2017.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan Walikota Padang, Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, para pejabat jajaran Lantamal II Padang, para pejabat jajaran KRI Banda Aceh-593, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Direktur Jasa Raharja, Kepala BUMN, para pejabat CSR, serta TNI-Polri Kota Padang.

Pelantara VII Sail Sabang 2017 sendiri diikuti 774 peserta, terdiri atas 416 Pramuka Saka Bahari, 258 Bakti Bela Negara Kemhan RI, dan 100 ABK KRI Banda Aceh-593. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar