Share This Post

News

Pimpinan Kwarnas Resmikan Jembatan Pramuka di Kabupaten Bogor

Pimpinan Kwarnas Resmikan Jembatan Pramuka di Kabupaten Bogor

JAKARTA, PRAMUKAPOS.COM– Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Badan Usaha Milik Gerakan Pramuka (BUMGP) Kak Ridjal J. Kotta meresmikan jembatan Pramuka di Desa Sukawangi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (27/3/2017).

Jembatan yang terbuat dari beton yang dililit bambu ini ini dibangun berkat kerjasama Kwarnas, Kwarcab Bogor, dan masyarakat setempat. Jembatan  ini cukup kuat dijadikan lalu lintas warga ‎untuk menghubungkan dua desa.

“Dengan adanya jembatan ini akses masyarakat untuk mengangkut hasil bumi berupa pisang, wortel, sayuran, cengkeh, kopi dan lain-lain bisa lebih mudah dan efisien,” ujar Kak Ridjal.

Kak Ridjal mengatakan, jembatan ini baru pertama kali dibangun di Desa Sukawangi. Nama Pramuka diambil karena ‎memang yang menginisiasi pembangunan jembatan ini adalah dari Gerakan Pramuka. Sehingga arsisteknya ini khas dengan Pramuka, yang bercorak bambu.

“Kalau dulu sebelum ada jembatan, warga yang ingin menjual hasil pertaniannya ke Cipanas membutuhkan waktu tiga jam, sekarang setelah ada jembatan ini menjadi satu setengah jam,”  terangnya. ‎

Pembangunan jembatan ini dibutuhkan waktu tiga bulan. Panjangnya 18 meter dan lebar sekitar 1 meter 40.  Setelah ada jembatan ini, masyarakat Sukawangi yang mayoritas bekerja sebagai petani, diharapkan bisa mengunakan dan merawatnya untuk kepentingan akses mereka.

Dalam peresmian itu, juga dihadiri Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana, Kak Kurnia Bakti, Kak Rangga Wisnu, hadir juga Ketua Harian Kwarda Jabar, Kak Baim Setiawan, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Kak Didi Kurnia, serta Ka Kwarran Sukamakmur, Kapolsek dan Danramil.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Tinggalkan Komentar