Share This Post

Pramuka Peduli

Pramuka Majalengka Gelar Scout Rescue

Pramuka Majalengka Gelar Scout Rescue

Majalengka – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka mengadakan pelatihan Scout Rescue di Bumi Perkemahan Sindangkasih. Kegiatan yang bertema “Siap, Siaga, Waspada” tersebut digelar selama tiga hari yaitu tanggal 1-3 Desember 2017.

Andalan Cabang urusan Penegak dan Pandega Kwarcab Majalengka Kak Adam Suhara menyampaikan, saat ini Majalengka termasuk wilayah rawan bencana di wilayah Jawa Barat. Hal tersebut harus diantisipasi penanganannya sehingga akan mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut. Selain itu, ia juga berharap ada upaya mitigasi sehingga mengurangi terjadinya bencana alam.

“Scout Rescue nantinya diharapkan untuk terjun langsung ke wilayah bencana alam untuk menolong dan membantu warga yang membutuhkan. Terima kasih kerjasama semua pihak, khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka yang telah mensuport kegiatan ini,” papar Kak Adam.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang Kabupaten Majalengka, Kak Fika DC Syafitri S.Pd menuturkan, kegiatan Pelatihan Scout Rescue ini diikuti oleh 60 orang peserta Pramuka Penegak dan Pandega yang ada di Kabupaten Majalengka. Peserta dibekali berbagai materi dari unsur BPBD, Polres, Kodim dan Andalan Kwarcab.

“Materi yang disampaikan berupa materi dasar yang berkaitan dengan Scuot Rescue. Diharapkan dengan pemberian materi tersebut para peserta siap terjun langsung ke lapangan,” ujar Kak Fika.

Ia menambahkan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kak Agus Permana MP pada Jumat, 1 Desember 2017. Pembukaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Kwarcab, Sekretaris BPBD Majalengka, Kepala Dinas Sosial, Danramil Kota Majalengka dan Andalan Cabang.

Tinggalkan Komentar