Share This Post

Rebranding Pramuka

Pramuka Saka Bahari Dilatih Merawat dan Mengurus Jenazah

Pramuka Saka Bahari Dilatih Merawat dan Mengurus Jenazah

SABANG – Pramuka Saka Bahari Peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017 diberi pelatihan merawat dan mengurus jenazah di atas KRI Banda Aceh-593 oleh Perwira Rohani (Paroh) Satgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (KH) Sri Depranoto, Selasa (28/11). Kegiatan ini diselenggarakan setiap malam setelah ibadah shalat isya berjamaah selama pelayaran berlangsung.

Letkol Laut (KH) Sri Depranoto mengatakan, pelatihan ini dapat memberikan bekal, keterampilan, ilmu, dan pemahaman tentang perawatan dan pengurusan jenazah. Menurutnya, perawatan dan pengurusan jenazah merupakan salah satu ibadah mahdhah dan hukumnya fardu kifayah bagi umat muslim.

“Peserta Pelantara sangat antusias dalam menjalankan pelatihan perawatan dan pengurusan jenazah. Ini kali pertamanya pelatihan yang diberikan pada Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara di atas kapal perang,” ungkapnya.

Di samping itu, pelatihan ini dapat memberikan keberanian bagi pemuda untuk turut aktif membantu merawat dan mengurus jenazah di tengah-tengah masyarakat.

“Diharapkan sepulang dari kegiatan ini, peserta minimal bisa memandikan jenazah orang tuanya secara langsung,” jelas Sangga Kerja Pelantara VII, Kak Bambang Abdul Aziz.

Kegiatan ini dihadiri Komandan Satgas Pelantara VII Sail Sabang 2017 Letkol Laut (P) Sukrisno, Komandan Satgas Bakti Bela Negara Kolonel (Inf) Agus Winarno, serta seluruh Satgas Pelantara VII dan Bakti Bela Negara.

Pelantara VII Sail Sabang 2017 sendiri diikuti 774 peserta, terdiri atas 416 Pramuka Saka Bahari, 258 Bakti Bela Negara Kemhan RI, dan 100 ABK KRI Banda Aceh-593. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar