Share This Post

News

Rapat Dengan Kapolda, Bahas Pengamanan Raimuna Nasional

Rapat Dengan Kapolda, Bahas Pengamanan Raimuna Nasional

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan audiensi dengan Kapolda Metro Jaya yang diwakili oleh Direktur Bimbingan Masyarakat Kak Priyo Mujihad bersama jajarannya, Jumat (26/5/2017). Pertemuan membahas mengenai persiapan Raimuna Nasional (Rainas) 2017.

“Pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya membahas persiapan Rainas 2017. Banyak hal yang kita bicarakan terkait dengan sistem pengamanan pada saat acara berlangsung,” ujar Waka Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Kodrat Pramudho.

Kak Kodrat mengatakan, pengamanan dari polisi diperlukan karena Rainas adalah agenda nasional yang diikuti oleh 15.000 peserta. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu sistem pengamanan harus‎ disiapkan sedemikian rupa agar lebih tertib.

“Ini agenda nasional pertemuannya Pramuka Penegak dan Pandega. Banyak hal yang perlu kita perhatikan agar acara ini lancar termasuk soal keamanan,” jelasnya.

Sekjen Kwarnas Kak Rafly Effendy mengatakan, Rainas menjadi agenda terbesar di tahun 2017. Di mana kegiatan ini juga akan berbarengan dengan peringatan hari Pramuka 14 Agustus yang ke-56. Dan rencananya pembukaan Rainas akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

“Rencana untuk acara pembukaan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo sama seperti pada saat Jambore Nasional tahun kemarin. Sehingga pengamanan harus maksimal,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan kata Kak Rafly adalah soal pengaturan lalu lintas. Dengan jumlah peserta yang begitu besar maka ada potensi kemacetan di sekitar Cibubur, Jakarta Timur. Khususnya di pintu masuk dan pintu ke luar tol.

“Yang juga lebih penting bukan hanya pengamanan dalam, tapi juga pengamanan luar. Khusunya menyangkut pengaturan lalu lintas, agar masyarakat tidak tergangung karena macet‎,” tuturnya.

Sementara itu, Kak Priyo menyatakan Kapolda pada dasarnya siap untuk melakukan pengamanan secara keseluruhan. Ia hanya meminta koordinasi perlu ditingkatkan, baik sebelum acara maupun pada saat acara berlangsung.

“Tentu kami siap menjalankan tugas memberikan pengamanan kepada adek-adek Pramuka. Tapi kami minta koordinasi harus ditingkatkan. Bukan hanya sekali karena pengamanan itu penting. Siapa berbuat apa kita harus tahu,” jelasnya.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Menurutnya, untuk mengawal kegiatan yang besar seperti Rainas tidak mudah. Terutama mengatur mobilitas peserta untuk mengikuti kegiatan di luar. Pengamanan kata dia, bersifat 24 jam selama acara berlangsung. Sehingga persoalan ini tidak boleh dianggap sepele.

“Yang kita inginkan kegiatan ini terlaksana dengan baik. Masyarakat tidak terganggu. Kita minta jadwal acaranya secara rinci,” jelasnya.

Pertemuan dengan jajaran Kapolda juga dihadiri Waka Kwarnas Bidang Binawasa, Kak Susi Yulianti, Waka Kwarnas Bidang Renbangma, Kak Marbawi, Andalah Nasional Bidang Orgakum, Kak Rio Sidaoruk, Ketua DKN, Kak Yudha Adhyaksa.

‎Diketahui, Rainas akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, pada 13-21 Agustus 2017. ‎Kedatangan peserta ke lokasi sudah mulai pada 9 Agustus. (HA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar