Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Saka Kencana Adakan Pemilihan Duta Generasi Berencana Tingkat Nasional

Saka Kencana Adakan Pemilihan Duta Generasi Berencana Tingkat Nasional

Jakarta – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Saka Kencana Gerakan Pramuka mengadakan Penataran dan Lokakarya (Pentaloka) ke IV di The Highland Park Resort Bogor 21-25 November 2016.

Kegiatan ini mengambil tema “Generasi Berencana (Genre): Generasi Berkarakter dan Penuh‎ Karya.” Tujuanya mencari satu orang putra dan putri dari kontingan daerah di 34 provinsi untuk dijadikan sebagai Duta Genre Nasional.

‎Kak Siti Fatonah, selaku Ketua Panitia mengatakan, bahwa peserta terdiri dari Dewan Kerja Daerah Pramuka 34 orang, Pramuka Saka Kencana Provinsi 34 orang, Duta Genre putra provinsi 34 orang, dan Duta ‎Genre Putri Provinsi 34 orang.

“Mereka para duta-duta ini sudah lebih dulu bersaing di tingkat provinsi. Lalu sekarang kita seleksi lagi untuk mengambil dua orang satu putra satu putri sebagai Duta Genre di tingkat nasional,” ujar Kak Siti di Bogor, Senin (21/11/2016).

Menurutnya, untuk menjadi duta nasional ada beberapa syarat, tindak hanya kecerdasan intelektual yang diandalkan. Tapi juga sikap dan karakternya harus sesuai. “Jadi kepribadian kita nilai, pengetahuan atau kecakapan juga kita nilai. Karya mereka, mereka berkarya atau tidak juga kita nilai, ” jelasnya.

Karya yang dimaksud yakni, kegiatan mereka selama menjadi Duta Genre provinsi selama satu tahun terakhir apa saja. “Kemudian kita juga akan menilai bagaimana cara mereka melakukan bakti masyarakat. Karena kan nanti mereka diminta untuk bakti ke masyarakat, ini juga kita nilai, karena akan ketahuan benar apa tidak,” tambahnya.

Adapun kaitanya dengan Pramuka yakni, diambil dari sisi pendidikan karakternya. Ia mengatakan, program BKKBN masih banyak dalam tataran teori. Sementara Pramuka dalam wilayah praktiknya mereka sudah banyak yang teruji, terutama dalam membangun karakter yang kuat.

“Pramuka itu sudah sering berlatih, setiap hari, setiap minggu selalu ada pelatihan, sehingga pendidikan karakternya sudah teruji, disiplin, tanggung jawab, mandiri dan kuat. Sementara di program Genre mereka masih dasar dan sangat teoritis,” terangnya.

Ketua BKKBN Kak Surya Candra Surapaty mengatakan, Duta Genre ini punya tanggung jawab untuk melakukan peningkatan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja. ‎Pengetahuan yang dimaksud yakni bagaimana remaja bisa menghindari seks pranikah, mencegah pernikahan dini, dan narkoba.

“Saya harapan mereka bisa menjadi generasi yang bisa merencanakan masa depannya untuk tidak terlibat dalam pernikahan dini, seks pra nikah dan narkoba. Itu salam Genre itu. Kita ingin membangun generasi anak muda melalui kegiatan semacam ini,” jelasnya.

Kak Surya selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Kencana mengingatkan, bahwa Indonesia selalu dihadapkan pada masalah kependudukan. Dimana jumlah peningkatan penduduk tidak dibarengi dengan tingkat pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakatnya. Sehingga, berdampak buruk bagi keberlangsungan bangsa.

‎”Jumlah peningkatan penduduk ini perlu dicegah, dengan kembali mengingatkan program BKKBN bahwa dua orang cukup, putra putri tidak adanya bedanya, bahagia sejahtera,” tutupnya.‎(HA)

Tinggalkan Komentar