Share This Post

News

Saka Pramuka Didorong Menjadi Pencipta Lapangan Kerja

Saka Pramuka Didorong Menjadi Pencipta Lapangan Kerja

JAKARTA, PRAMUKAPOS.COM – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Tingkat Nasional di Auditorium Kwarnas Gerakan Pramuka, Kamis (6/4). Rakor ini mendorong Saka untuk menyiapkan penyusunan pedoman peluang kerja (Jobs Creation) yang berbasiskan kecakapan/keterampilan yang terhimpun dalam Krida-Krida Saka.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan bahwa keberadaan Saka sangat membantu pencapaian tiga tujuan Gerakan Pramuka. Yaitu, membentuk karakter kaum muda, memupuk bela negara dan cinta bangsa, serta memberikan keterampilan peserta didik agar menjadi bekal hidup.

“Gudep berperan dalam membentuk karakter dan bela negara, sedangkan Saka membekali keterampilan. Untuk itulah, saya berharap dalam Rakor tersebut dapat

Rapat Koordinasi Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Tingkat Nasional di Auditorium Kwarnas Gerakan Pramuka, Jalan Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta, Kamis (6/4) | Kak Udin / Humas Kwarnas

Rapat Koordinasi Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Tingkat Nasional di Auditorium Kwarnas Gerakan Pramuka, Jalan Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta, Kamis (6/4) | Kak Udin / Humas Kwarnas

menginventarisasi seberapa jauh Saka telah berperan dalam membekali lifeskill peserta didik,” ujar Adhyaksa Dault, di Jakarta, Kamis (6/4).

Sementara itu, Pimpinan Rakor Pinsaka, Abdul Shobur menutuurkan bahwa Rakor ini digelar untuk membangun komunikasi yang efektif antar Kwarnas dengan para pimpinan Saka. Sehingga lahirlah program kerja bagi kemajuan Gerakan Pramuka dan membangun keterampilan Pramuka di seluruh tanah air.

“Sanggar Saka di Buperta harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai sarana kegiatan kepramukaan. Tempat untuk menambah pengetahuan sekaligus sebagai wahana uji keterampilan yang dapat membawa job creation Pramuka Penegak dan Pandega,” tutur Abdul Shobur, di Auditorium Kwarnas, Kamis (6/4).

Rakor Pinsaka Tingkat Nasional dihadiri Waka Kwarnas Orgakum PA Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Rembangma Marbawi, Waka Kwarnas BUMGP Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Lingkungan Hidup Abdul Shobur, Waka Kwarnas Binamuda S. Budi Prayitno, Waka Binawasa Susi Yuliati, Sesjen Rafli Effendy, Bendahara Bagas Adhadirga, Kapuslitbangnas Wan Abbas Zakaria, dan beberapa Annas.

Pimpinan Saka yang hadir adalah dari Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Kalpataru, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Taruna Bumi, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara dan Saka Wanabakti.

Sebagai informasi, Satuan Saka (Saka) adalah wadah pembinaan untuk ‎meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bidang masing-masing. Gunanya baik bagi ‎dirinya maupun bagi masyarakat, dengan ‎menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among.

Sementara Pimpinan Saka (Pinsaka) adalah perangkat kerja Kwartir yang berfungsi untuk dan memperkuat Saka yang dibimbingnya dan menjadi bagian dari dan bertindak sesuai arahan kwartir. Saka diharapkan dapat mewujudkan Pramuka yang professional, terampil, tangguh dan menjadi pelopor pembaharuan. (MSA/Tim Siber Pramuka).

Tinggalkan Komentar