Share This Post

News

Sambut Asian Games, ini Tugas Pramuka di Palembang

Sambut Asian Games, ini Tugas Pramuka di Palembang

JAKARTA – Pelaksanaan Asian Games tidak hanya dipusatkan di Jakarta, tetapi juga di Palembang, Sumatera Selatan. Pemerintah banyak melibatkan masyarakat untuk menyukseskan ajang olah raga empat tahunan ini, termasuk Pramuka.

Ketua Kwarda Sumatera Selatan Kak Mukti Sulaiman mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 100 Pramuka penegak untuk menjadi sukarelawan menyukseskan Asian Games di Palembang. Mereka sudah memiliki tugas masing-masing.

“Kami dari Kwarda sudah menyiapkan 100 orang Pramuka untuk membantu pelaksanaan Asian Games. Tugas mereka mulai dari soal kebersihan, keamanan, sampai penyambutan atau penjembutan tamu,” ujarnya di acara Rakorsus Kwarnas Gerakan Pramuka di Hotel Century, Sabtu (21/7/2018).

Pramuka, kata dia, akan ditempatkan di area pertandingan Asian Games. Pelibatan Pramuka ini merupakan inisiatif Kwarda Sumsel. Pihaknya ingin mendukung kegiatan Asian Games agar berlangsung sukses, meskipun di luar itu banyak Pramuka yang menjadi volunteer.

“Di luar itu, banyak juga anak-anak Pramuka yang terlibat dalam Asian Games sebagai volunteer,” jelasnya.

Sebelumnya, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) sepakat menjalin kerja sama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka untuk menyukseskan pesta olah raga se-Asia tersebut.

“Kami telah meminta secara resmi kepada ketua Kwarnas Gerakan Pramuka untuk meminta adik-adik Pramuka terlibat dalam Asian Games,” ujar Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto.

Ia menuturkan, anggota Pramuka nantinya akan ditempatkan di berbagai bagian. Menurutnya, Gerakan Pramuka memiliki karakter dan sumber daya manusia yang baik.

“Pramuka itu tidak terlalu susah untuk mengarah­kannya. Pramuka akan dijadikan ujung tombak untuk menerima tamu-tamu kita,” terangnya.

Kerja sama tersebut sangat di­apresiasi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. Menu­­rutnya, Pramuka akan menyambut baik perihal pelibatan anggota Pra­muka dalam Asian Games 2018. “Pesta olah raga ini akan menjadi pengalaman berharga bagi anggota Pramuka,” pungkasnya. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar