Share This Post

Rebranding Pramuka

Segera Digelar, Perkempinas akan Diikuti 1500 Peserta

Segera Digelar, Perkempinas akan Diikuti 1500 Peserta

JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) IlI Tahun 2017, di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 19-24 November 2017. Kegiatan ini mengambil tema “Pramuka Putri Pemimpin Negeri”.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Binawasa Kak Susi Yuliati sebagai penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, Perkempinas diadakan karena Pramuka Putri memiliki kedudukan dan kesempatan yang sama dalam melaksanakan aktivitas latihannya maupun dalam memperoleh pembinaan dan pengembagan dirinya di masing–masing satuan.

Dalam pembinaan tersebut, lanjut dia, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem pembinaan kepramukaan. “Pada prinsipnya kegiatan ini tujuannya mendidik dan mengarahkan Pramuka putri agar bisa menjadi anggota masyarakat yang berguna, sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara,” ujar Kak Susi saat dihubungi, Selasa (31/10).

Menurutnya, kepanduan putri dan kepanduan putra merupakan satu kesatuan yang utuh terikat dalam satu organisasi pendidikan nonformal yaitu Gerakan Pramuka. Namun demikian, dalam operasional kegiatan antara Pramuka putri dan putra terdapat satuan terpisah yang lebih mengarah kepada penciptaan sikap mandiri dan lebih menuntut adanya kreativitas yang tinggi oleh masing-masing satuan.

“Itulah kemudian mengapa perkemahan putri diadakan, tak lain untuk mengembangkan ciri khas pramuka putri. Idealnya sosok pramuka putri itu anggun, kreatif, terampil, berwawasan luas, mandiri, tangguh, berpikir cemerlang, peduli, dan penuh kasih sayang,”

Diketahui peserta Perkempinas adalah Pramuka Penegak dan Pandega putri usia 17-24 tahun. Mereka adalah Pramuka yang tercatat aktif di Gugus Depan. Kak Susi mengungkapkan rencananya, sesuai target kegiatan ini akan diikuti 1.550 peserta, dan tahun ini ketiga kalinya Perkempinas diadakan oleh Kwarnas, dan Perkempinas akan dibuka oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar