Share This Post

Rebranding Pramuka

Sehari Jelang Pembukaan Perkempinas, Begini Kondisi Pantai Manggar

Sehari Jelang Pembukaan Perkempinas, Begini Kondisi Pantai Manggar

BALIKPAPAN – Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam waktu sekitar 24 jam lagi akan diramaikan kegiatan Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) III. Acara pembukaan berlangsung pada Minggu, 19 November 2017 pukul 13.00 WITA.

Bagaimana persiapan dan kondisi Pantai Manggar satu hari menjelang pembukaan Perkempinas? Pantauan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka di lapangan, Pantai Manggar sudah disterilkan dan tidak lagi dibuka untuk umum. Hanya panitia, peserta dan masyarakat yang sudah mendapatkan izin dari petugas yang diperbolehkan masuk ke area pantai.

Peserta dari 20 provinsi juga tampak sudah mulai berdatangan ke Bumi Perkemahan Pramuka Pantai Manggar. Sebagai mereka sibuk mengeluarkan barang bawaaan dan mendirikan tenda. Sebagian lain tengah sibuk mengikuti gladi resik untuk pertunjukan drama kolosal yang akan dimainkan di acara pembukaan.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Mereka akan memainkan beberapa drama, di antaranya senam balok, peragaan ombak, pengibaran bendera Merah Putih, semapur, dan bendera Pramuka. Pementasan drama kolosal ini ingin menyampaikan beberapa pesan. Di antaranya, pengibaran bendera Merah Putih menjadi simbol pemersatu perempuan Indonesia sebagai pemimpin bangsa.

“Demikian juga senam balok, drama ini memberi pesan bahwa Srikandi Pramuka ini juga tangguh, dan kuat menghadapi berbagai rintangan. Lalu peragaan ombak menunjukkan bahwa setengah dari wilayah Indonesia adalah lautan,” ujar Kak Betty, instruktur drama kolosal di lokasi, Sabtu, (18/11).

Peserta tampak antusias dan semangat mengikuti latihan ini. Tata panggung juga tengah dipersiapkan dengan baik. Bendera-bendera Pramuka sudah terpasang rapi di sekitar pantai dan di jalan-jalan raya kota Balikpapan. Pembukaan Perkempinas nanti akan berlangsung dengan lantar belakang Pantai Manggar yang biru nan indah.

Acara pembukaan akan dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kak Yohana Susana Yembise, Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault, Gubernur Kalimantan Timur Kak Awang Faroek Ishak, Walikota Balikpapan Kak Rizal Effendi, serta para tamu undangan dari Tim PKK, Pimpinan Kwarda Kalimantan Timur dan Kwarcab Balikpapan, dan lain-lain. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar