Share This Post

Rebranding Pramuka

Sehari sebelum Berlayar, Peserta Pelantara VII Diajari Filosofi “Man Jadda Wajada”

Sehari sebelum Berlayar, Peserta Pelantara VII Diajari Filosofi “Man Jadda Wajada”

JAKARTA – Satu hari sebelum upacara pembukaan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017, Pramuka putra-putri Saka Bahari dan Bela Negara menerima materi perdana di Hanggar Helly, Kapal KRI Banda Aceh-932, Tanjung Priuk, Jakarta, Minggu malam (19/11).Penulis buku Man Jadda Wajada, Kak Akbar Zainudin menjadi pemateri pertama yang mengisi rangkaian acara Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII 2017. Materi dengan tema “Remaja yang Kreatif dan Sukses dengan Prinsip Man Jadda Wajada” ini diharapkan bisa menumbuhkan optimisme yang tinggi bagi peserta untuk menggapai cita-cita mereka.
Kak Akbar Zainudin mengatakan, peserta Pelantara harus berani bermimpi setinggi mungkin dan berusaha sekuat tenaga agar berhasil menggapai cita-cita.

“Milikilah tekad yang kuat dan mimpi yang besar serta usaha yang keras, niscaya apa yang kalian cita-citakan dalam hidup akan tercapai,” ungkapnya saat mengisi acara. Man Jadda Wajada merupakan sebuah pepatah Arab yang berarti siapa saja yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Kak Akbar menambahkan, orang-orang besar berhasil karena mereka mempunyai disiplin dan komitmen yang tinggi. Disiplin merupakan kunci sukses untuk menggapai mimpi-mimpi itu.

“Orang besar adalah orang-orang yang mempunya disiplin tinggi, kalau kita yakin bisa maka kita akan bisa, kalau kita serius dan berusaha sekuat tenaga, pasti kita bisa,” jelasnya.

Para peserta juga diminta menuliskan mimipi-mimpi besar mereka. “Cita-cinta saya ingin menjadi nakhoda dan guru Bahasa Mandarin, lulus dengan IPK terbaik,” ungkap Kak Selly Maryana, salah satu peserta ketika diminta menyebutkan mimpi besarnya.

Perlu diketahui, jumlah peserta Pramuka Saka Bahari Pelantara VII yang sudah registrasi hingga Minggu (19/11) pukul 19.07 WIB sebanyak 379 peserta dari 34 Kwarda seluruh Indonesia. Rencananya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Kak Luhut Binsar Panjaitan akan membuka acara Pelayaran Nusantara hari ini (20/11).

Peserta Pelantara VII Sail Sabang 2017 berlayar menggunakan KRI Banda Aceh-593, mereka bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta dan mulai berlayar tanggal 20 November sampai 17 Desember 2017. Selama 27 hari itu, peserta akan melewati rute Jakarta – Batam – Belawan – Sabang  – Pariaman – Bengkulu dan terakhir kembali lagi ke Jakarta. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar