Share This Post

Rebranding Pramuka

Serah Terima Pasukan Oleh Binkempa/i Diiringi Tangis

Serah Terima Pasukan Oleh Binkempa/i Diiringi Tangis

JAKARTA – Setelah satu minggu mengikuti Lomba Tingkat V atau LT-V, Pembina Pasukan yang ditugaskan untuk mendampingi peserta LT-V selama mengikuti kegiatan, menyerahkan kembali peserta kepada Pembina Regu. Serah terima berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2017).

Serah terima berlangsung dengan isak tangis dari peserta kepada pendamping pasukan. Mereka seakan tidak kuasa melihat kesedihan karena kegiatan LT-V ini akan berakhir, dan berpisah dengan teman-teman dan pendampingnya.

“Mereka sedih karena akan berpisah dengan teman-temannya dan pendamping pasukannya. Berpisah saat emosionalnya sudah terbangun itu kan memang berat,” ujar Kak Triadi Suparta Ketua Seksi Pendamping Pasukan, Cerita Unggun FGD, Sabtu (28/10/2017).

Menurutnya wajar jika peserta banyak yang menangis saat serah terima ini. Sebab selama kegiatan berlangsung, peserta diserahkan kepada pendamping pasukan. Masing-masing orang membentuk kelompoknya masing. Dan semua keluh kesah peserta hanya bisa disampaikan ke pembina pasukan bukan pembina regu.

“Jadi segala sesuatu peserta itu pesertanya menceritakan kepada pembinaan pasukan,” jelasnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pinkempi Kak Semtembri Yanti mengatakan, pendamping pasukan bertanggung jawab atas pasukannya masing-masing. Mereka yang mendampingi seluruh pergerakan pasukan selama mengikuti kegiatan atau fasilitator kegiatan pribadi.

“Mereka juga bertugas mendampingi kegiatan cerita unggun setiap malam. Pendamping pasukan ini punya tugas bagaimana bisa membuat suasana hidup, peserta tetap ceria, terus memotivasi dan memberikan semangat,”jelasnya

Pembina Pasukan juga bertugas sebagai pembina upacara pembukaan dan penutupan di pasukan setiap hari. Serta penghubung dengan masing-masing rumah ibadah. “Kini tugas mereka sudah berakhir dan menyerahkan kembali kepada Pendamping Regu,” jelasnya. (HA/HWS/AK)

Tinggalkan Komentar