Share This Post

Tokoh

Tiba di Bengkulu, Peserta Pelantara VII Pelajari Sejarah

Tiba di Bengkulu, Peserta Pelantara VII Pelajari Sejarah

BENGKULU – Pramuka Saka Bahari Peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017 mengikuti acara Jumpa Tokoh di KRI Banda Aceh-593, Rabu (12/12) pagi. Sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut, di antaranya Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bengkulu Kak H. Meri Sasdi, Rektor IAIN Bengkulu Kak Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., M.H., Rektor Universitas Bengkulu Kak Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc., Direktur Utama Perum Jamkrindo Kak Diding S. Anwar dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu Kak Letkol Laut (P) Agus Izudin, S.T. Mereka mendarat di Pelabuhan Baai, Bengkulu.

Kak H. Meri Sasdi mengatakan, peserta Pelantara harus mengetahui keindahan Provinsi Bengkulu dan mempelajari sejarah bangsa di provinsi tersebut. Pasalnya, Bengkulu menyimpan banyak sejarah perjalanan bangsa. Diketahui, penjahit Bendera Marah Putih pertama yaitu Ibu Fatmawati berasal dari Bengkulu. Ada pula Benteng Marlborough, rumah pengasingan Bung Karno, bunga Rafflesia Arnoldii serta Dermaga Pulau Baai.

“Semua yang berada di Bengkulu harus dikunjungi agar terus mengingat sejarah yang membawa kita kepada NKRI,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN dan Rektor Universitas Bengkulu juga mengisi pembekalan dengan memberikan semangat NKRI kepada peserta Pelantara. Keduanya menyampaikan materi P4, yaitu Perdamaian, Penghargaan, Pengalaman, dan Pancasila.

“Peran pemuda yang akan menjadi pemimpin negeri ini ada tiga syarat, meliputi kerja keras, kerja jujur, dan merajut NKRI,” ungkap Kak Sirajuddin.

Di akhir acara, Danlanal Sabang juga memberikan materi singkat yang berhasil mengguncang KRI Banda Aceh-593. Danlanal mengatakan, Pelantara juga merupakan ajang promosi TNI Angkatan Laut untuk pendaftaran masuk menjadi anggota TNI Angkatan Laut.

“Semangat bahari yang telah ada di jiwa Saka Bahari dan Bela Negara harus tetap berkobar sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Agus Izudin.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut segenap jajaran staf PT. Pelindo, Forkompinda Provinsi Bengkulu, pejabat jajaran Satgas Pelantara VII dan Bakti Bela Negara serta para pejabat jajaran KRI Banda Aceh-593.

Peserta Pelantara VII Saka Bahari dijadwalkan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), baik di sekolah-sekolah, masjid maupun yayasan. Baksos Satgas Pelantara ini merupakan Baksos terakhir yang singgah di Provinsi Bengkulu.

Pelantara VII Sail Sabang 2017 sendiri diikuti 774 peserta, terdiri atas 416 Pramuka Saka Bahari, 258 Bakti Bela Negara Kemhan RI, dan 100 ABK KRI Banda Aceh-593. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar