Share This Post

Tokoh / Wanita

Tiga Menteri Perempuan akan Hadiri Perkemahan Putri Nasional

Tiga Menteri Perempuan akan Hadiri Perkemahan Putri Nasional

BALIKPAPAN – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menggelar Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) III di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur pada 19-24 November 2017. Tiga menteri perempuan Kabinet Kerja dijadwalkan akan hadir menjadi narasumber.

“Dijadwalkan akan hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Putri Indonesia, dan sebagainya,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Kak Sinta Ayu Lestari di sela-sela Technical Meeting Perkempinas 2017 di Aula Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (5/11).

Sinta menjelaskan, para menteri dan tokoh inspiratif itu akan menjadi narasumber dalam acara Jumpa Tokoh pada Perkempinas di Balikpapan mendatang. Mereka akan memotivasi 1.550 Pramuka putri dari seluruh Indonesia agar mampu menjadi pemimpin negeri.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault menjelaskan, Pramuka putri memiliki empat peran. Pertama, sebagai putri. Kedua, sebagai istri. Ketiga, sebagai ibu dari anak-anaknya. Keempat, sebagai ibu dari anak-anak Indonesia.

“Peran Pramuka putri tidak hanya ke internal, seperti menjadi putri, istri, dan ibu bagi anak-anaknya sendiri, melainkan ia juga sebagai ibu dari anak-anak Indonesia. Makanya, Pramuka putri sangat strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia,” papar Menpora Periode 2004-2009 ini.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Kak Susi Yuliati. Menurutnya, melalui kegiatan ini, Kwarnas ingin melahirkan calon ibu bangsa. Mereka tidak hanya bisa mendidik anak-anaknya sendiri, tapi juga anak-anak Indonesia melalui pendidikan kepramukaan.

“Kita ingin memperkuat SDM Pramuka putri, karena kita sekarang kekurangan pembina Pramuka putri. Di banyak tempat, yang melatih adalah Pembina Pramuka putra. Semakin banyak Pramuka yang dibina, maka semakin banyak pula generasi penerus bangsa yang dibina oleh Pramuka Putri,” tutupnya. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar