Share This Post

Rebranding Pramuka

UPT Paudikmas Kemendikbud Ikuti Kursus Mahir Dasar

UPT Paudikmas Kemendikbud Ikuti Kursus Mahir Dasar

JAKARTA – Kemendikbud RI melalui Satuan Karya (Saka) Pramuka Widya Budaya Bakti bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Gerakan Pramuka menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD). Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 6-11 November 2017 di Gedung Pusdiklatnas, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Kasubbag Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini dan Masyarakat (Paudikmas) Kemendikbud, Kak Riki A Budiana mengatakan, kegiatan ini diikuti 29 orang dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Paudikmas.

“Harapan kami adalah ikut membina pendidikan karakter melalui pendidikan pandu di semua UPT kami. Harapan kami besar karena melalui UPT, kami bisa menjangkau para Penegak dan adik-adik Pramuka di seluruh Indonesia,” ujar Kak Riki A Budiana di sela-sela Penutupan KMD di lokasi, Jumat (10/11) malam.

Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Kak Suyatno mengapresiasi kegiatan yang digelar Saka Widya Budaya Bakti ini. Menurutnya, Saka Widya Budaya Bakti adalah Saka yang paling menggeliat dibanding Saka-Saka lainnya.

“Banyak kegiatan serta diklat pengembangan potensi diri dari pamong Saka yang diselenggarakannya, inilah yang akan menjadi fondasi kuat bagi Saka Widya Budaya Bakti untuk terus bergerak dan berkiprah di masyarakat,” terangnya.

“Ada tiga hal yang perlu diingat dan dipahami dalam kegiatan Kursus Mahir Dasar, yaitu pendidikan adalah kewajiban, sehingga menjalani kursus dengan sungguh-sungguh, menanamkan kepercayaan antara pembina dan peserta didik serta bangga telah melewati pendidikan dan dapat memberikan hasil. Jika suatu kegiatan pendidikan tertanam kewajiban, menumbuhkan kepercayaan, dan melahirkan kebanggan, maka pada akhirnya akan timbul kebahagiaan. Inilah esensi pendidikan yang sesungguhnya,” pungkasnya. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar