Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Wakil Wali Kota Subulussalam Pimpin Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Wakil Wali Kota Subulussalam Pimpin Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

KOTA SUBULUSSALAM – Namanya Kak Salmaza. Selain aktif di pemerintahan daerah sebagai Wakil Wali Kota Subulussalam periode 2014-2019, ia juga aktif membina Pramuka, baik sebagai pembina maupun pelatih. Pada 27 November-2 Desember 2017 lalu, ia menjadi Pimpinan Kursus (Pinsus) dalam kegiatan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan Kwartir Ranting (Kwarran) Rundeng, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh.

KMD ini diikuti 20 kepala sekolah, 20 guru se-Kwarran Rundeng, 8 pengurus Kwarran dan staf Kwarcab Subulussalam. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti peserta dari Kwarran Longkib, Sultan Daulat, Penanggalan, dan Simpang Kiri, bahkan ada beberapa peserta dari Kwarcab Aceh Singkil.

Kak Salmaza tidak sendiri menjadi pelatih di KMD tersebut. Selain dia, ada beberapa pelatih dari berbagai Kwarcab lain, yaitu Kak Azis dari Kwarcab Aceh Singkil, Kak Adi dan Kak Nelly dari Kwarcab Aceh Tenggara, Kak Deny dari Kwarcab Gayo Lues, dan Kak Maulana dari Kwarcab Banda Aceh. Dari Kwarcab Kota Subulussalam sendiri ada enam pelatih lainnya, yaitu Kak Munas Yoga, Kak Atik, Kak Yos, Kak Aspin, Kak Aswin, dan Kak Almarom.

Bagi Wali Kota Subulussalam ini, kegiatan Pramuka adalah kegiatan yang benar-benar membentuk karakter anak bangsa menjadi lebih baik. “Melalui metode pelatihan belajar sambil bermain bisa menghasilkan putra-putri kita yang displin, kreatif, inovatif, cerdas, berani dan berakhlak karimah,” paparnya.

Berangkat dari hal itu, ia sejak awal bertekad mengikuti semua pelatihan di Gerakan Pramuka. Kak Salmaza pernah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) tahun 2010, Kursus Pembina Pramuka Tingkat Lanjut (KML) tahun 2011, dan Kursus Pelatih Dasar (KPD) tahun 2012 di Semarang, Jawa Tengah. Tak puas di situ, ia juga mengikuti Kursus Pelatih Pembina Lanjutan (KPL) yang diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Gerakan Pramuka di Cibubur, Jakarta Timur. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar