Share This Post

Good Governance

Wapres Jusuf Kalla Buka Acara Puncak Sail Sabang 2017

Wapres Jusuf Kalla Buka Acara Puncak Sail Sabang 2017

SABANG – Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara puncak Sail Sabang 2017 di pelabuhan CT-3 BPKS, Sabang, Aceh(2/12). Puncak kegiatan yang mengambil tema “Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” ini juga dimeriahkan 300 penari kolosal yang menceritakan tentang Pahlawan Laksamana Keumalahayati.

“Saya meresmikan Sail Sabang 2017 menjadi bagian dari kita semua untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa keindahan, keunikan, dan juga hospitaliti daripada budaya dan indsustri. Dengan ini saya resmikan Sail Sabang 2017,” kata JK.

Sedianya, acara ini akan dibuka Presiden Joko Widodo. Namun karena terkendala jadwal kunjungan kerja, akhirnya pembukaan puncak Sail Sabang diwakili Wakil Presiden yang tiba di Sabang melalui Bandara Maimun Saleh, Sabang  pukul 09.00 WIB menggunakan pesawat kepresidenan. Dari bandara, wapres langsung menuju lokasi acara.

JK berharap, acara Sail Sabang 2017 bisa menjadikan Kota Sabang sebagai salah satu destinasi wisata dan poros maritim internasional serta bisa menarik banyak investor dari luar negeri.

“Saya sangat mengapresiasi para peserta dari berbagai negara sahabat yang ingin berpartisipasi di Sail Sabang meski cuaca tidak mendukung,” ucap Jusuf Kalla dengan antusias di tengah hujan lebat yang mengguyur kota Sabang.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Selain JK, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault juga mengapresiasi kemeriahan acara puncak Sail Sabang 2017 meski di tengah guyuran hujan deras. Menurutnya, Sail Sabang dapat dijadikan momentum untuk memperkenalkan kepada turis internasional tentang keindahan destinasi wisata dan budaya Indonesia yang beragam.

“Saya sangat mengapresiasi acara Sail Sabang 2017 karena selain dapat mempererat tali persaudaraan antarpeserta dari berbagai daerah, acara ini juga dapat membantu mempromosikan Kota Sabang kepada dunia internasional baik dari segi pariwisata, produk lokal, kuliner, maupun beragam budayanya,” ungkap Kak Adhyaksa bangga.

Sail Sabang merupakan rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 setelah Sail Karimata 2016 yang mempunyai tujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut, baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi.

Selain Wapres, hadir pula dalam acara ini Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki, Menteri Perhubungan Budi Karya, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dan sejumlah pejabat lainnya. (NH/AK)

Tinggalkan Komentar