Share This Post

Gaya Hidup

Pramuka Sebagai Pelopor Generasi Masa Depan

Pramuka Sebagai Pelopor Generasi Masa Depan

Generasi muda merupakan generasi tanpa syarat. maksudnya adalah generasi yang tidak wajib memikirkan kehidupan kedepan, baik kehidupan dirinya atau kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi selanjutnya menjadi tanggung jawab kita bersama pada saat ini yang menjalankan kehidupan, baik dari muda sampai tua. Generasi yang berkualitas mencerminkan kualitas dari generasi sebelumnya, tidak menutup kemungkinan generasi yang berkualitas terbentuk dengan adanya tekanan kehidupan yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya.

Disisi lain berbagai macam aktifitas yang dilakukan oleh beberapa Organisasi selalu menciptakan Generasi yang berbagai macam karakter. Contohnya adalah Pramuka, Pramuka berdiri tegak dengan menyongsong Sistem Among sebagai pedoman berkehidupan. Sistem among merupakan suatu sistem dalam kepramukaan untuk meciptakan pendidikan yang berkualitas dengan karakter Ing Ngarsa sung tuladha (Didepan Menjadi Teladan) , Ing Madya Mangun Karsa (Di Tengah Membangun Kemauan) dan Tut Wuri Handayani (di Belakang Memberi Dorongan dan Pengaruh yang baik ke arah kemandirian). Sistem Among merupakan Proses pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk hubungan khas antara peserta didik dengan pendidiknya. Sistem yang di pelopori oleh Ki Hajar Dewantara ini telah banyak digunakan dalam pendidikan Nasional. Dilain sisi, sistem Among juga telah dipertegas dalam Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pada Bab III pasal 10 Ayat (1), (2) dan (3) dan termuat dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pada bagian Pendahuluan Pasal 5, Pasal 9 dan pasal 11.

Gerakan Pramuka merupakan Organisasi non Politik yang berbasis penuh dalam Pendidikan Karakter. Dalam Gerakan Pramuka, Pendidikan Karakter sebagai satu dorongan untuk Generasi Berkualitas. Demi mencapai Generasi yang Berkualitas Gerakan Pramuka menjamin dengan adanya Pendidikan Gerakan Pramuka dari Tingkat/Golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang biasa dikenal dari (SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi). Dari lahirnya Gerakan Pramuka Tahun 1961 hingga saat ini tahun 2016, Pramuka telah banyak menciptakan Generasi-generasi yang siap kerja didunia nyata dengan bermodalkan Motto Gerakan Pramuka (Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan).

Jaminan Gerakan Pramuka Menjadi Pelopor Generasi masa Depan ialah, Pelaksanaan Sistem Among yang berkaitan erat bersamaan dengan Metode Kepramukaan (Scouting Methode) yang perwujudannya akan terintegrasi dengan prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka dan Kiasan Dasar Kepramukaan. Jaminan Gerakan Pramuka bukanlah sebuah janji semata melainkan jaminan yang bermodalkan Bukti Generasi Berkualitas pada Negara Indonesia.

#dkckotagorontalo

#GenerasiKerja

Tinggalkan Komentar