Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

528 Peserta Survival XXVIII Kwartir Cabang Jepara Jalan Kaki 25 Km

528 Peserta Survival XXVIII Kwartir Cabang Jepara Jalan Kaki 25 Km

JEPARA – Sebanyak 528 Pramuka dari 35 pangkalan se-Kwartir Cabang Jepara mengikuti pentupan kegiatan Survival XXVIII Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara yang dilaksanakan di Lapangan Desa Karangrandu pada Senin, 9 Juli 2018. Kak Ahmad Marzuki selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (kamabicab) Jepara resmi menutup kegiatan tersebut.

Kak Ahmad Marzuki menjelaskan, survival bukan sekedar konsep untuk mampu bertahan hidup, melainkan konsep untuk mampu maju dan menjadi pemenang. ”Saya harapkan untuk selalu produktif, kreatif, inovatif, serta tetap menjaga nilai-nilai karakter bangsa guna tegaknya keutuhan NKRI,” ungkapnya di Lapangan Desa Karangrandu, Senin (9/7/2018).

Sebelumnya, peserta menempuh 25 kilometer selama dua hari satu malam yang dimulai dari Kedung Sport Center, Desa Bugel sampai Desa Karangrandu, Pecangaan pada Kamis-Jum’at (5-6 Juli 2018). Dalam perjalanan peserta bertahan hidup dengan perbekalan seadanya sekaligus melaksanakan lomba di masing-masing pos.

Ketua panitia, Kak M Rifqi Rusdaniya menyampaikan, pelaksanaan survival ini merupakan media pendidikan bagi anggota Gerakan Pramuka. Peserta harus bisa bertahan hidup sesuai nama kegiatannya. Selama perjalanan tidak boleh ada pendamping yang mengirimkan logistik.

”Logistik harus dipersiapkan sebelum berangkat, tidak boleh ada pendamping yang mengirimkan logistik,” ujar Kak M Rifqi Rusdaniya di sela-sela kegiatan (8/7/2018).

Kak M Rifqi Rusdaniya menambahkan, ragam kegiatan Survival XXVIII diantaranya, giat umum giat rutin, kegiatan pilihan, kegiatan wawasan, kegiatan Pinkon dan Binadamping, serta giat prestasi. Lomba yang digelar di ntaranya, lomba baris-berbaris, senam kreasi, asah trampil, permainan tradisional, melukis tong sampah, teknologi tepat guna, K5 perkemahan, perpetaan, semboyan, menaksir, pertolongan pertama, dan lomba teknik survival.

Sementara untuk kegiatan plihan, peserta melaksanakan kerja bhakti bersama warga membersihkan perkemahan, lingkungan pemukiman, dan tempat-tempat beribadah yang ada di sekitar perkemahan sebagai wujud pengamalan Dasa Dharma yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Saya berharap dengan diadakan Survival kali ini semangat anggota Pramuka di masing-masing pangkalan dapat tumbuh,” jelas Kak M Rifqi Rusdaniya.

Adapun yang berhasil meraih kejuaraan adalah SMA Negeri 1 Tahunan. Sangga putra dan putri menerima piala bergilir yang diserahkan oleh Kak Ahmad Marzuki selaku Kamabicab Jepara.

Tinggalkan Komentar